Sukses

Cegah Anak Obesitas Dimulai dari Rumah

Memberikan contoh perilaku makan dan aktivitas fisik yang sehat di rumah bisa bantu anak cegah obesitas.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah anak yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas kini mudah ditemui. Para orang tua yang memiliki anak punya peranan besar untuk menjaga berat badan mereka tetap normal, terlebih saat berada di rumah.

Saat di rumah, orang tua bisa memberikan conton bagaimana kebiasaan makan sehat. Mulai dari menu makan pagi, siang hingga malam. "Di luar rumah, anak-anak dibanjiri dengan pilihan makanan tak sehat, saat di rumah saatnya Anda mengendalikan makanan sehat apa yang bisa dikonsumsi," terang staf endokrinologi dan kepala Centre for Healthy Active Kids di Hospital for Sick Children, Toronto dokter Jill Hamilton, MD seperti dilansir Canadian Living, pada Kamis (2/9/2014).

Tak hanya mengenai makanan sehat apa yang dikonsumsi tapi juga orang tua memberikan contoh fisik yang aktif. Seperti berolahraga dan tak bermalas-malasan di depan televisi.

Hamilton menekankan bahwa tidak ada kata terlambat untuk mengadopsi kebiasaan sehat. Semakin awal orang tua memulai kebiasaan hidup sehat, itu semakin baik.

Obesitas memang jadi masalah tersendiri di era zaman modern ini. Jumlah anak yang mengalami obesitas terlihat terus meningkat.

Dibandingkan keuntungan, lebih banyak risiko apabila anak mengalami obesitas. Mulai dari berisiko terkena diabetes tipe II, tekanan darah tinggi, dan masalah jantung. Tak hanya kesehatan fisik saja, kesehatan mental pun kena dampaknya.

"Anak-anak dengan berat badan berlebih atau obesitas bisa merasa rendah diri yang bisa mengganggu pendidikan, pertemanan dan perkembangan masa kecil yang normal," terang Hamilton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini