Sukses

Bulimia, Konsumsi Makanan Sebanyak-banyaknya, Lalu Muntahkan

Liputan6.com, Jakarta Penderita bulimia tidak terlalu khawatir dengan apa yang mereka makan. Karena, setelah mengkonsumsi makanan mereka bisa memuntahkan atau menyingkirkan kalori ekstra dengan olahraga berlebihan atau dengan cara tidak sehat lainnya.

Mereka tahu bahwa salah satu cara dapat bertahan hidup adalah dengan makan.Tapi, mereka lupa, hal-hal yang mereka lakukan seperti olahraga berlebihan dan merogoh tenggorokan agar bisa mengeluarkan makanan yang sudah mereka makan dapat mengancam nyawa mereka.

Berikut penjelasan tentang penyakit bulimia seperti dilansir dari emedicine dan Mayo Clinic, seperti ditulis Rabu (01/10/2014):

1 dari 5 halaman

Deskripsi

Bulimia adalah gangguan makan serius yang berpotensi mengancam nyawa. Orang dengan bulimia mencoba untuk menyingkirkan kalori ekstra dalam cara yang tidak sehat. Misalnya, memaksa muntah atau melakukan olahraga berlebihan agar kalori yang telah masuk dapat kembali keluar.

Bulimia dapat dikategorikan dalam dua cara:

Pertama, purging bulimia. Setelah makan banyak, Anda akan membuat diri Anda memuntahkan apa yang sudah dikonsumsi atau menyalahgunakan obat pencahar agar dapat menguras seluruh kalori yang sudah masuk.
Kedua, nonpurging bulimia. Anda menggunakan metode seperti puasa, diet ketat atau olahraga berlebihan untuk membersihkan diri dari kalori.

2 dari 5 halaman

Gejala

Berikut beberapa gejala bulimia:

1. Sibuk dengan bentuk tubuh dan berat badan.
2. Merasa bahwa Anda tidak dapat mengontrol kebiasaan makan.
3. Memaksa diri Anda untuk muntah atau berolahraga terlalu banyak.
4. Menyalahgunakan obat pencahar, diuretik atau enema seusai makan.
5. Terus-menerus khawatir menjadi gemuk.
6. Tidak ingin makan di depan umum atau di depan orang lain.
7. Pergi ke kamar mandi tepat setelah makan atau saat makan.
8. Berolahraga terlalu banyak.
9. Memiliki luka, bekas luka atau kapalan di jari atau tangan.

3 dari 5 halaman

Penyebab


Sampai saat ini penyebab pasti dari bulimia belum juga diketahui. Ada banyak faktor yang mungkin yang bisa meningkatkan risiko Anda, beberapa diantaranya adalah faktor biologi, kesehatan emosiona dan lingkungan.

4 dari 5 halaman

Pengobatan

Meskipun gejala tidak bisa hilang sepenuhnya, kesembuhan orang dengan bulimia tergantung pada bagaimana keadaan hidupnya.

Apakah pola hidupnya baik dan sehat? Apakah nutrisi tubuhnya sesuai?

Jika Anda mengalami bulimia, ada beberapa profesional kesehatan untuk membantu proses penyembuhan seperti psikoterapi dan ahli gizi. (Nadina Sabilla/Igw)