Sukses

Tempat Paling Asyik untuk Habiskan Masa Tua, di Negara Mana?

Sebuah negara di Eropa jadi tempat terbaik habiskan masa tua. Bisa menebak negara mana?

Liputan6.com, Jakarta Menjalani masa tua itu menyenangkan jika dilakukan di sebuah negara di kawasan Eropa bernama Norwegia. Hal ini dilihat berdasarkan kesejahteraan sosial dan ekonomi para lansia yang paling baik yang diikuti negara Swedia, Swis dan Kanada.

Norwegia bisa berada di posisi teratas karena memiliki sebuah lembaga yang baik menangani masa tua, punya sejarah baik dalam kesejahteraan warga, serta kampanye sosial yang efektif menciptakan kesadaran publik bagi seluruh masyarakat.

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh Global AgeWatch Index, sepertiga dari negara-negara di dunia sedang menangani dengan populasi lansia yang besar. Namun sayangnya, di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah hanya satu per empat lansia menerima dana pensiun seperti dilansir Time, pada Kamis (2/10/2014).

Lalu Indonesia berada di nomor berapa? Dari data ini, Indonesia berada jauh di posisi 71 sebagai tempat terbaik habiskan hari tua. Tepat di atasnya ada Nepal disusul India.

Menurut HelpAge International dan University of Southampton, sekitar 21 persen penduduk global diisi dengan manusia berusia lebih dari 60 tahun. Akan banyak orang hidup lebih lama, namun jika hidup di masa tua tanpa dukungan ekonomi yang baik bisa jadi masalah besar bagi kualitas hidup lansia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.