Sukses

5 Faktor Penentu Kesuburan Seseorang

Ada berbagai faktor yang menentukan kesuburan pria dan wanita.

Liputan6.com, Jakarta Usai menikah banyak pasangan yang ingin langsung memiliki buah hati. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan mendapatkan buah hati adalah kesuburan baik istri maupun suami.

Menurut spesialis obstetri dan ginekologi dokter Indra NC Anwar ada lima hal yang memengaruhi kesuburan. Apa saja itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Usia

1. Usia
Kemampuan perempuan untuk hamil berada puncaknya pada usia 24 tahun, kemudian menurun pada usia 25 tahun lalu menurun drastis setelah usia 35 tahun yang disebabkan karena berkurangnya jumlah dan kualitas sel telur seiring bertambahnya usia.
Meski pria cenderung tetap bisa membuahi hingga tua namun usia juga memengaruhi kesuburan dan meningkatkan risiko pada janin.

2. Merokok
Aktivitas buruk ini terbukti menghambat perkembangan embrio dan menghambat proses tertanamnya embrio ke dinding rahim. Merokok pun memengaruhi fungsi indung telur dan meningkatkan keguguran.
Pada pria, merokok menurunkan jumlah dan kualitas sperma.

3 dari 3 halaman

Alkohol

3. Alkohol
Pada perempuan, konsumsi minuman alkohol berlebih memengaruhi kesuburan dan meningkatkan risiko kelainan pada janin. Sedangkan pada pria memengaruhi kualitas sperma.

4. Kafein
Pada pria belum past ada tidaknya kafein dengan kesuburan. Namun bagi wanita bisa menurunkan kesuburan.

5. Berat badan
Perempuan dengan berat badan berlebih membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil dibanding dengan yang berat badannya normal. Untuk pria, kegemukan juga cenderung menurunkan kesuburan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.