Sukses

Olahraga 20 Menit Lebih Bermanfaat dan Menghasilkan

Berolahraga selama 20 menit jauh lebih bermanfaat dan cepat menampakan hasil yang diinginkan, ketimbang harus berolahraga selama 1 jam.

Liputan6.com, Jakarta Berolahraga selama 20 menit jauh lebih bermanfaat dan cepat menampakan hasil yang diinginkan, ketimbang harus berolahraga selama 1 jam. Sebab, penurunan berat badan akan cepat terjadi bila olahraga dilakukan intens dan berkelanjutan, daripada berlama-lama tapi terlalu 'santai'.

"Misalnya saja jalan di treadmill selama 1 jam, dengan tempo yang lambat sekali, itu tidak ada gunanya. Atau setelah treadmill, kita istirahat yang cukup lama sebelum melakukan latihan jenis lainnya," kata Personal Trainers, Etty Budhi.

Dalam acara 'Let's Get Into Shape in 10 Minutes' di Kota Casablanca, Kuningan, Jakarta, Rabu (1/10/2014), Instruktur Aerobik Terbaik di Indonesia menerangkan, jika kita berolahraga lebih dari 20 menit maka bukan lemak yang dibakar, melainkan gula darah di dalam tubuh.

"Dampak dari pembakaran gula darah ketika berolahraga lebih dari 20 menit itu bisa berbahaya," kata Etty menekankan.

Tak heran, bila kita terlalu memporsir waktu olahraga, padahal sebelumnya tidak pernah melakukan itun badan pun akan terasa lemas, pusing, dan tak jarang berujung pada pingsan.

"Latihan tidak perlu lama-lama, cukup 20 menit untuk pembakaran lemak, dan 10 menit untuk latihan mengencangkan otot," kata Etty.

"Contohnya angkat beban, push-up, sit-up cukup 10 menit saja, total 30 menit. Dengan waktu selama itu, yang terbakar 200 sampai 300 kalori. Ditambah 10 menit latihan pencangan otot, yang terbakar 100 sampai 150 kalori. Jadinya benefit," kata Etty menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.