Sukses

Pegal Usai Olahraga, Istirahat atau Lanjutkan?

Pegal kerap dirasakan sesudah kita melakukan olahraga. Apakah Anda harus berhenti atau tetap berolahraga bila esok masih harus olahraga

Liputan6.com, Jakarta Pegal kerap dirasakan sesudah kita melakukan olahraga. Ada yang memutuskan untuk tidak melakukan olahraga keesokan harinya, ada pula yang cuek dan tetap melakukannya, karena menganggap pegal yang dirasakan merupakan hal yang wajar.

Dalam acara 'Let's Get Into Shape in 10 Minutes', Personal Trainers dan Instruktur Aerobics Terbaik di Indonesia, Etty Budhi, menjelaskan, ketika merasakan sekujur tubuh pegal sesudah olahraga kita dapat memilih apakah tetap mau melanjutkan, atau justru menghentikannya.

"Karena otot terus bekerja. Biasanya usai latihan, dalam waktu 24 jam otot-otot akan bekerja. Jadi dia tidak berhenti sama sekali," kata Etty menjelaskan.

Maka itu,  jika kita mengistirahatkan tubuh dalam kondisi rileks, tenaga otot akan mengalami penurunan. "Saya anjurkan, sebaiknya terus berolahraga. Mengapa? Karena hal itu akan menambah kondisi tubuh kita menjadi lebih fit," kata Etty menambahkan.

Tapi, tekan Etty, jika kondisi tubuh memang tidak memungkinkan atau terlalu berat untuk melakukan aktivitas olahraga, ada baiknya untuk istirahat.

Dalam kesempatan itu pemilik 'HATCH SPORT' menjelaskan, jika pegal disebabkan weight training (olahraga beban), kita dapat menghentikannya sejenak dan mengganti gerakan lain keesokan harinya.

"Misalnya, hari ini kita latihan otot bahu dan terasa pegal, besoknya jangan latihan otot bahu lagi, ganti dengan latihan otot dada," kata Etty.

"Itu dilakukan agar otot dapat istirahat, karena memang prinsip pada weight training adalah one day rest atau one day off," kata Etty menambahkan.

Jika pegal akibat kardio, terang Etty, itu bukan masalah. Anda bisa melanjutkannya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini