Sukses

Perhatikan 3 Tanda Hewan Kurban Sehat

Dalam mempersiapkan Idul Adha 2014, seorang muslim tidak boleh sembarangan dalam memilih hewan kurban.

Liputan6.com, Jakarta Dalam mempersiapkan Idul Adha 2014, seorang muslim tidak boleh sembarangan dalam memilih hewan kurban. Pasalnya, kemungkinan hewan sakit tetap harus diperhatikan.

Oleh sebab itu, menurut Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Pascapanen Kementerian Pertanian, Drh. Akhmad Junaidi, MMA, dalam pemilihan hewan kurban ada tiga hal penting sebelum membeli hewan kurban, yaitu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sehat

1. Sehat

Untuk mengetahui hewan kurban sehat atau tidak, saat ini Dinas peternakan mengaku telah memeriksa hampir semua lapak di seluruh Jakarta untuk mencegah penyakit menular dari hewan. Jika Anda selektif, ada baiknya untuk menanyakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikeluarkan Dinas Peternakan.

3 dari 4 halaman

Cukup umur

2. Cukup umur

Setelah mengetahui adanya SKKH, pastikan umur hewan tidak terlalu muda. Sarannya, kambing dan domba berusia 12-18 bulan. Sedangkan sapi dan kerbau 22 bulan.

4 dari 4 halaman

Tak cacat


3. Tidak cacat

Hewan yang akan dikurban haruslah sehat secara fisik dan mental. Secara fisik bisa dilihat Secara fisik, hewan sehat gerakannya bebas, lincah, kuat, tidak pincang dan selera makannya bagus serta kebersihan hewan terjaga.

Sedangkan kemungkinan trauma dan penyakit lain akibat perjalanan jauh akan diperiksa oleh petugas yang berwenang dari medis dan paramedik veteriner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini