Sukses

Sukses Thailand Kendalikan KB Tak Bisa Diikuti Indonesia

demi alasan norma, Indonesia tidak bisa mengikuti jejak Thailand dalam KB

Liputan6.com, Jakarta Dibanding negara Asia Tenggara lain, Thailand dikenal sukses dalam program pemerintahnya mengendalikan kelahiran. Sayangnya demi alasan norma, Indonesia tidak bisa mengikuti jejak negara gajah putih tersebut.

Ditemui di acara Hari Kontrasepsi sedunia, Kepala Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Fasli Jalal mengutarakan bahwa Indonesia tidak bisa mengikuti Thailand dalam mencegah kelahiran 46 juta pasangan subur di Indonesia lantaran ada norma yang tidak bisa dilanggar.

"Ada norma agama yang tidak sama. Disana kondom itu disediakan dimana-mana, iklan kondom juga sudah biasa. Ada beberapa hal dalam penerapan programnya tidak cocok dengan kita," katanya, seperti ditulis Rabu (1/10/2014).

Sebelumnya, Ketua Asia Pacific Council on Contraception untuk Indonesia, Prof. Dr. dr. Biran Affandi, SpOG (K), FAMM mengatakan bahwa edukasi seks di Thailand berjalan mulus dan sangat merakyat sehingga dapat diterima masyarakat dengan baik.

"Di pasar-pasar yang ada di Thailand, kondom ditiup menjadi balon dan dibagikan gratis. Bahkan vasektomi (metode mengikat saluran sperma pria) banyak dilakukan di pasar," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini