Sukses

6 Manusia Bersisik yang Menggemparkan

Tak seperti kulit pada umumnya, enam orang ini mengalami kondisi kulit bersisik. Siapa saja enam orang tersebut?

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan kondisi kulit manusia pada umumnya, enam manusia di bawah ini mengalami kondisi yang sungguh memprihatinkan. Sebagian besar dari mereka mengalami kondisi kelainan kulit langka yang membuat tampak mengerikansehingga menggemparkan bagi orang-orang di sekitarnya. Siapa saja mereka?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manusia Bersisik dari Karawang

1. Manusia Bersisik dari Karawang
Orang yang baru pertama kali melihat pemuda asal Kampung Cilentah, Desa Curug, Kecamatan Klari, Karawang ini pasti akan bergidik takut. Sekujur tubuh Ahmad Yunus bersisik karena mengalami penyakit kulit kronis.

Kondisi seperti ini dialaminya sejak bayi yang mengharuskannya untuk dijemur di bawah sinar matahari. Karena berasal dari keluarga tak mampu, keluarga pun tak segera membawanya ke rumah sakit. Baru pada sekitar tahun 2009 mendapat perawatan medis dari RSUD Karawang,. Namun akhirnya ia meninggal di usia 24 tahun pada 30 Juni 2009 bukan hanya karena penyakit kulit tapi juga tuberkulosis dan ditemukan cairan pada paru-paru.

3 dari 7 halaman

Bocah Bersisik dari Mamuju

2. Bocah Bersisik dari Mamuju

Amanah seorang bocah asal Mamuju, Sulawesi Barat mengalami kelainan genetik yang menyebabkan sekujur tubuh ada sisik. Kondisi ini membuat banyak orang menghindarinya.

Hingga kini, kelainan genetik pada tubuh bocah ini tak dapat disembuhkan. Ibu Amanah, Hasmiah yang hanya bekerja sebagai pengepul batu dan pasir membuat Amanah tak bisa bersekolah.

4 dari 7 halaman

Manusia Ikan dari timur China

3. Manusia ikan dari timur China
Pan Xianhang dikenal sebagai manusia ikan oleh penduduk di Provinsi Wenling, di bagian timur China. Dari ujung kepala dan kaki, kulit Xianhang seperti bersisik, dan menyebabkan rasa gatal luar biasa.

Diberitakan bahwa Xianhang mengalami kelainan kulit bernama ichthyosis sejak lahir. Menurut Foundation for Ichthyosis and Related Skin Types diperkirakan setiap tahu ada lebih dari 16 ribu bayi terlahir menderita kelainan genetik langka yang menyebabkan penyakit ini.

5 dari 7 halaman

Ari si Kulit Ular dari Tangerang

4. Ari si Kulit Ular dari Tangerang
Gara-gara bidikan fotografer Nurcholis Anhari Lubis yang ditampilkan dalam laman berita Inggris, Daily Mail sosok remaja Ari Wibowo kembali dikenal. Kulit di sekujur tubuhnya baik dari ujung kaki hingga ujung kepala tampak pecah-pecah seperti sisik ikan dan mengelupas seperti ular.

Pada tahun 2005 lalu ia sempat dirawat di RSU Tangerang dan dinyatakan bahwa menderita penyakit kulit yang diturunkan bernama ichthyosis lamellar.

6 dari 7 halaman

Manusia Bersisik dari Malang

5. Manusia Bersisik dari Malang
Pada saat usianya 3,5 tahun, Rohim Wahyuni dikenal publik lewat pemberitaan tentang kondisi kulitnya yang bersisik.
Bocah asal Desa Pondok Agung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang ini pernah dirawat di Rumah Sakit Saiful Anwar. Menurut dokter yang menanganinya, Rohim memang positif menderita penyakit genetis yang disebut Lamellar Ichthyosis atau "penyakit sisik ikan".

7 dari 7 halaman

Dede si Manusia Akar

6. Dede si Manusia Akar
Siapa sangka berawal dari satu kutil yang didiamkan, kutil tersebut menjalar ke seluruth tubuh Dede Koswara. Menurut dokter yang menanganinya, pertumbuhan kutil yang menerus itu akibat dari penyebaran virus HPV (Human Papiloma Virus) yang ada di dalam tubuh Dede. Virus itu menyerang sel-sel yang ada di lapisan kulit.

Kini, Dede telah menjalani beberapa kali operasi yang dilakukan di RS Hasan Sadikin Bandung.Sehingga beberapa kutil di tubuhnya bisa berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini