Sukses

Akibat Gagal Kelola Stres

Jika tak mampu kelola stres ini dua hal yang mampu terjadi pada Anda.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti memiliki tekanan hidup yang berasal dari pekerjaan maupun kehidupan sosial yang menyebabkan. Tentu setiap persoalan memiliki solusi sendiri dan sebagai manusia Anda diminta untuk mampu menghadapinya.

Saat manusia tak mampu mengelola stres bisa berakibat buruk pada tubuh Anda. Menurut buku Gaya Hidup Otak Sehat yang dikeluarkan Pusat Intelegensia Kesehatan Kementerian Keseharan RI tahun 2013 ini yang terjadi jika stres tak mampu dikelola dengan baik.

- Kecemasan meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah dan dapat menyebabkan stroke, sakit jantung, asma, diabetes.

- Stres berkepanjangan dapat menimbulkan depresi. Depresi akan menurunkan kualitas hidup seseorang.

- Bunuh diri juga merupakan efek dari gagalnya seseorang mengelola stres. Ini yang kerap terjadi di Jepang. Di Indonesia, tahun lalu, kasus terbanyak terjadi di Gunung Kidul akibat budaya yang menyebabkan tekanan batin seseorang.

- Kegemukan juga bagian dari pola ini. Ada orang yang cenderung makan bila saatnya stres datang dan biasanya dia tidak menyadarinya.

- Yang paling parah adalah lari ke obat-obatan terlarang, alkohol, dan kehidupan malam. Bagian sebagian orang, mengonsumsi bahan-bahan berbahaya ini bisa melepaskan ketegangan dan melarikan diri mereka untuk sementara waktu pada hal-hal yang membuat mereka stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.