Sukses

7 Hal yang Harus Dilakukan Pasien Ichthyosis Lamellar

Inil yang harus dilakukan oleh pasien Ichthyosis Lamellar seperti Ari Wibowo si Kulit Ular untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Liputan6.com, Jakarta Ichthyosis lamellar merupakan penyakit langka yang membuat kulit tampak kasar, bersisik dan pecah-pecah. Di Indonesia, salah satu remaja asal Tangerang bernama Ari Wibowo mengalami hal ini.

Menurut Mayo Clinic, penyakit ini adalah kelompok penyakit heterogen genetik akibat kelainan proses protein di jaringan kulit tanduk (keratinisasi) pada kulit resesif autosomal. Inilah yang menyebabkan kulitnya nampak bersisik.

Kondisi seperti ini menyebabkan banyak hal yang harus dilakukan pasien ichthyosis lamellar agar kulitnya lebih terasa nyaman. Seperti Ari, ia membasuh tubuh setiap jam, atau saat panas 15 menit sekali. Selain itu memberikan salep di sekujur tubuh empat kali sehari, lalu meneteskan obat tetes mata dan tetes telinga.

Selain itu, ada lagi yang seyogianya dilakukan pasien ichthyosis lamellar untuk menjaga kesehatan tubuh demi meningkatkan kualitas tubuh meski menderita penyakit ini. Dokter Gloria Novelita, SpKK menyampaikan apa saja yang harus dilakukan pasien Ichthyosis lamellar sehari-hari saat dihubungi Health-Liputan6.com Senin, (30/9/2014).

1. Lembapkan kulit
Kulit yang kasar dan nampak bersisik jika dibiarkan bisa membuat tubuh pasien jadi kaku sehingga sulit bergerak. Melembapkan dan melemaskan kulit dengan pelembap dilakukan sekitar tiga kali sehari.
Jika pelembap dirasa terlalu mahal, bisa disubtitusi dengan minyak kelapa yang punya fungsi melembapkan. Harganya pun tidak mahal.

2. Jangan mandi air panas

3. Gunakan sabun tinggi pelembap
Jangan gunakan sabun antibakteri, namun gunakan sabun lembut dengan PH balance yang memiliki banyak pelembap.

4. Lembapkan mata dengan tetes mata
Gunakan air mata buatan yang berfungsi sebagai pelembap untuk melumaskan mata sehingga mata tidak kaku dan berfungsi semestinya.

5. Bersihkan telinga
Kulit yang mengelupas bisa masuk ke lubang telinga yang kecil sehingga bisa menyebabkan gangguan pada telinga. Oleh karena itu rutin bersihkan telinga dengan cotton bud yang telah diolesi minyak kelapa.

6. Hindari panas

7. Konsumsi makanan tinggi protein
Berbeda dengan manusia berkulit normal, kulit pasien ichthyosis lamellar mengelupas lebih cepat. Padahal kulit mengandung protein, sehingga kulit yang mengelupas ikut membawa protein yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, perbanyak makanan yang mengandung protein seperti telur, ikan, susu agar pasien tidak malnutrisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.