Sukses

Kalahkan Indonesia, Thailand Sukses Kampanye Alat Kontrasepsi

Thailand menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang paling sukses dalam penggunaan alat kontrasepsi

Liputan6.com, Jakarta Thailand menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang paling sukses dalam penggunaan alat kontrasepsi. Bahkan, negara Gajah Putih berhasil mengalahkan Indonesia.

Ketua Asia Pacific Council on Contraception untuk Indonesia, Prof. Dr. dr. Biran Affandi, SpOG(K), FAMM, menjelaskan, kunci keberhasilan dari Thailand karena edukasi yang diberikan sangat merakyat dan dapat diterima dengan baik.

"Di pasar-pasar yang ada di Thailand, kondom saja ditiup menjadi balon dan dibagikan secara gratis. Pun dengan vasektominya, sama merakyatnya," kata Prof. Biran  dalam konferensi pers 'Hari Kontrasepsi Sedunia 2014: Kontrasepsi Membantu Keluarga Merencanakan Masa Depan' di Ruang Kunthi, Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (30/9/2014)

Lebih lanjut Prof. Biran mengatakan, metode sterilisasi dengan cara mengikat saluran sperma pria ini banyak dilakukan di pasar-pasar. Inilah beberapa contoh mengapa Thailand berhasil dalam mengedukasi masyarakatnya dalam pemakaian kontrasepsi.

Penggunaan kontrasepsi, jelas Prof. Biran, salah satu alat efektif untuk mengatur kelahiran, jarak kehamilan, serta mencegah kehamilan yang tidak diinginkan bagi pasangan usia subur, termasuk menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Bahkan, Thailand memiliki angka estimasi kematian ibu saat melahirkan. Per 100 kelahiran hidup terendah nomor 2 pada 2013, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.