Sukses

Mata Gatal? Jangan Dikucek

Rasa gatal akibat alergi terkadang memicu rasa gatal pada mata, tapi awas jangan kucek mata Anda. Ini bahayanya.

Liputan6.com, Jakarta Saat mata terasa gatal karena alergi, secara otomatis banyak orang yang mengucek-ucek mata untuk meredakan rasa gatal. Tak hanya sekali, kebiasaan ini pun terjadi berkali-kali. Namun Anda perlu mengetahui dampak mengucek mata.

Usai mengucek mata, rasa gatal di mata rasanya mereda, ternyata hal ini menimbulkan sejumlah masalah baik langsung maupun jangka panjang. "Mengucek mata malah dapat memperburuk alergi dengan merangsang sel-sel yang melepaskan histamin, yang pada gilirannya malah menyebabkan kemerahan dan rasa gatal," jelas optometris dari New York Susan Resnick, OD seperti dilansir Everyday Health, Selasa (30/9/2014).

Selain itu, mengucek mata memungkinkan transmisi bakteri dan virus ke mata yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, meningkatkan kemungkinan membuat astigatmatisme atau perubahan kornea menurut Resnick.

Lalu, apa yang harus dilakukan saat mata gatal karena alergi?
Para ahli merekomendasikan untuk meneteskan pelumas mata atau bisa juga mengompres mata dengan air dingin. Ada juga obat tetes mata anti alergi yang dapat membantu mengendalikan peradangan atau gatal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.