Sukses

5 Makanan yang Pas untuk yang Sedang Kemoterapi

Berikut ini lima makanan yang pas untuk Anda yang sedang menjalani kemoterapi

Liputan6.com, Jakarta Asupan makanan selama menjalani kemoterapi bermanfaat untuk mencegah pasien terhindar dari rasa mual dan lelah berkepanjangan. 

Kemoterapi adalah suatu upaya untuk membunuh sel-sel kanker dengan mengganggu fungsi reproduksi sel. Kemoterapi merupakan cara pengobatan kanker dengan cara memberikan zat atau obat yang memiliki khasiat membunuh sel kanker.

Di bawah ini terdapat sejumlah makanan sehat yang harus dikonsumsi selama melakukan kemoterapi, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (30/9/2014) : 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Telur



Telur

Makanan kaya vitamin B dan protein akan membuat pasien kemoterapi menjadi lebih sehat. Kandungan selenium pada telur membantu mengurangi efek setelah kemoterapi. Selain itu, kuning telur mengandung vitamin D dan E, yang dapat membantu melindungi tubuh dari racun akibat obat dari kanker.

3 dari 6 halaman

Jahe



Jahe


Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi mual dan muntah yang disebabkan kemoterapi. Untuk itu, tambahkan jahe ke dalam makanan yang disantap atau ke dalam secangkir teh yang diminum setiap hari.

4 dari 6 halaman

Sayuran



Sayuran

Kale, bayam, selada, merupakan sumber zat besi yang baik, dan mengandung vitamin A, E, dan K. Nutrisi ini membantu sel-sel darah merah yang membuat hemoglobin dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. 

Sirkulasi yang baik dari oksigen dan darah akan membantu menjaga kesehatan pasien kanker. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga mengandung nutrisi penting yang memiliki sifat melawan kanker.

5 dari 6 halaman

Buncis



Buncis dan kacang-kacangan

Buncis dan kacang-kacangan merupakan sumber protein dan vitamin B. Buncis dan kacang-kacangan juga membantu dalam perbaikan sel dan meningkatkan kekebalan tubuh pasien.

6 dari 6 halaman

yoghurt



Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang mirip dengan bakteri baik yang hidup di dalam usus pasien kanker. Pada pasien kanker yang tengah menjalani kemoterapi, yogurt bermanfaat mencegah diare dan penurunan berat badan selama kemoterapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini