Sukses

Dokter Ini Operasi Lidahnya untuk Hentikan Kebiasaan Mendengkur

Dengkur selama bertahun-tahun membuat dokter asal China mengoperasi lidahnya sendiri, untuk membuktikan bahwa cara itu dapat menyembuhkannya

Liputan6.com, Jakarta Dengkur selama bertahun-tahun membuat dokter asal China melakukan operasi lidahnya sendiri, untuk membuktikan bahwa cara itu dapat menyembuhkan kondisi yang dialaminya.

Dokter bernama Zhang Xiangmin ini percaya bahwa mendengkur berkepanjangan yang dialaminya disebabkan oleh gangguan tidur obstrutive sleep apnoea, di mana tenggorokan menutup berulang-ulang di malam hari.

Menurut Zhang, mendengkur dapat terjadi ketika sebagian jalan napas terhalang atau suara yang dihasilkan oleh udara mengalir melewati jaringan lunak di tenggorokan.

Selama melakukan prosedur, Dr Zhang memasukan dua pipa tipis melalui terowongan yang dibuat pada bagian belakang lidahnya. Pada malam hari, dia memasukan pipa ke dalam gigi untuk menghentikan terjadinya reruntuhan pada lidahnya yang menyebabkannya mendengkur.

Dalam konferensi pers yang diadakan di Changsha, Provinsi Hunan China, Zhang mengatakan bahwa prosedur yang dijalaninya berhasil.

"Operasi ini tidak akan memengaruhi berbicara normal Anda, dan fungsi makan sama sekali. Yang jelas, ini sangat aman," kata Zhang seperti dikutip Daily Mail, Selasa (30/9/2014)

Gangguan tidur obstrutive sleep apnoea merupakan faktor risiko untuk sejumlah kondisi, termasuk serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kelelahan di siang hari, dan kenaikan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.