Sukses

Berhasil Turunkan Angka Kematian Ibu,13 Kepala Daerah Dapat Award

13 kepala daerah mendapatkan penghargaan Millenium Development Goal’s Award poin 5B (tingkat kematian ibu melahirkan) yang digagas BKKBN

Liputan6.com, Jakarta Tiga belas kepala daerah mendapatkan penghargaan Millenium Development Goal’s (MDGs) Award poin 5B (tingkat kematian ibu melahirkan) yang digagas BKKBN. Mereka dinilai  berhasil menurunkan angka kematian ibu melahirkan lantaran memberikan perhatian khusus kepada kesehatan ibu dan anak dengan berbagai kegiatan dan fasilitas.

Menurut Deputi Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Abidinsyah Siregar, kategori penilaian pemenang didasarkan pada bobot kualitatif dan kuantitatif. Bobot kuantitatif penilaian berdasarkan perencanaan, regulasi dan dukungan pemerintah setempat terhadap upaya menurunkan angka kematian ibu melahirkan.

"Penilaian ini juga melibatkan tiga kementerian yaitu Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Kesehatan dan Bappenas. Ajang ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen pemerintah dan BKKBN memenuhi target penurunan angka kematian ibu melahirkan. Ini bukan ajang gagah-gagahan, tapi tugas utama BKKBN sebagaimana anamat Bappenas,” kata Abidinsyah.

Sepuluh kepala daerah yang mendapatkan penghargaan masing-masing :

- Kepala daerah propinsi :  Bali, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Papua Barat

- Kepala daerah kabupaten : Ponorogo, Lombok Barat, Kapuas, dan Halmahera

- Kepala daerah kota : Magelang, Kotamobagu, Bandung, dan Palangkaraya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini