Sukses

3 Manfaat Menangis

Kerap dikaitkan sebagai orang cengeng, namun siapa sangka menangis punya dampak baik bagi Anda. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Menangis kerap dikaitkan tindakan seseorang yang cengeng. Namun, ada kalanya rasa untuk menangis itu datang dengan alasan kuat.

Kala rasa menangis tak dapat ditahan, tak perlu malu. Menangislah. Ada tiga manfaat baik yang bisa didapat dari menangis. Seperti di dilansir Health pada Selasa (30/9/2014) ini dia manfaatnya:

1. Hilangkan stres
Siapa sangka, dengan mengeluarkan air mata saat menangis bisa membuang mangan yang  ada di tubuh ujar biokemis Wiliam Frey. Kandungan mangan yang terlalu banyak dalam tubuh mampu menyebabkan kecemasan, kelelahan, gangguan emosional, dan seluruh perasaan negatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan hubungan

2. Tingkatkan hubungan
Menangis mampu meningkatkan ikatan perasaan dengan seseorang seperti pada keluarga, sahabat hingga pasangan menurut studi yang dipublikasikand dalam Evolutionary Psychology yang ditulis biologis evolusioner Oren Hasson. Analisisnya mengatakan bahwa dengan menangis membuat munculnya rasa kasih sayang dan dukungan dari orang-orang di sekitar.

3. Tingkatkan mood
Pernah merasakan perasaan lega usai menangis? Para peneliti menemukan fakta bahwa orang lebih bahagia baik secara fisik dan psikologis usai menangis. Peneliti meyakini bahwa menangis seperti mengeluarkan hal yang tidak mengenakan dalam tubuh selain itu  menangis bisa membantu melewati hal yang menyakitkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini