Sukses

Rok Span, Makin Sempit Menandakan Adanya Kanker?

Ukuran rok yang semakin sempit di usia 20 tahun keatas berkaitan dengan peningkatan risiko kanker payudara sebesar 33 persen.

Liputan6.com, Jakarta Jika biasanya penelitian kanker melibatkan variabel kebiasaan atau gaya hidup seseorang, peneliti dari University College London menemukan hal menarik. Menurutnya, ukuran rok yang semakin sempit (yang biasa disebut rok span) di usia 20 tahun ke atas berkaitan dengan peningkatan risiko kanker payudara sebesar 33 persen.

Hal ini terungkap setelah peneliti mendeteksi faktor risiko kanker yang melibatkan lebih dari 90.000 perempuan di usia 50 dan 60-an yang tinggal di Inggris. Selama penelitian tiga tahun, peneliti menemukan 1.090 perempuan terserang kanker payudara.

Mengutip BBC, Senin (29/9/2014), ukuran rok disebut peneliti merupakan prediktor yang baik untuk mengetahui risiko kanker payudara pada wanita yang menginjak masa senja. Selain itu, cara ini juga dapat digunakan untuk memantau berat badan.

"Peningkatan ukuran rok dalam 10 tahun antara usia 25 dan pasca menopause dikaitkan dengan 33 persen peningkatan risiko kanker payudara. Ukuran rok yang semakin menyempit, juga dikaitkan dengan 77 persen risiko kanker," kata pakar kanker dari Department of Women's Cancer, Prof Usha Menon.

Mengomentari penelitian tersebut, Simon Vincent dari Breakthrough Breast Cancer mengatakan bahwa 40 persen kanker payudara dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup seperti menjaga berat badan dengan sehat.

"Studi ini menyoroti cara mudah untuk memantau berat badan demi mencegah kanker payudara. Perempuan akan lebih mengingat ukuran rok ketimbang bicara tentang BMI," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini