Sukses

Usai Diresmikan, RSU Anutapura Palu Siap Beroperasi

Fasilitas kesehatan pusat pelayanan medis Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu, Sulawesi Tengah, akhirnya selesai dibangun dan diresmikan

Liputan6.com, Jakarta Gedung fasilitas kesehatan pusat pelayanan medis Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu, Sulawesi Tengah, akhirnya selesai dibangun dan diresmikan oleh Wakil Gubernur Sulteng, Sudarto, Sabtu 27 September 2014. Gedung yang menghabiskan dana sebesar Rp 58 miliar untuk pembangunannya ini, rencananya segera difungsikan. 

"Insya Allah November nanti mulai kita fungsikan rumah sakit umum itu," aku Direktur RSU Anutapura Palu, Dr Reny Lamadjido, kepada Liputan6.com di Palu, Senin (29/9/2014). 

Menurut dia, gedung baru Rumah Sakit Umum Anutapura berdiri di atas lahan 13.600 meter persegi yang dibangun dengan lima lantai berkapasitas 156 tempat tidur. Gedung ini nantinya dilengkapi dengan pelbagai peralatan medis modern.

"Nanti digedung baru kita sudah bisa digunakan untuk cuci darah bagi pasien yang mau karena peralatannya ada. Selain itu, bisa juga untuk pusat pelayanan poliklinik, bedah, apotek dan ruang perawatan VVIP, VIP, serta kelas I dan II," terang Reny.

Dengan adanya fasilitas kesehatan gedung baru ini, RSU Anutapura juga akan mulai menerapkan sistem pembayaran secara online yang akan bekerjasama dengan salah satu bank.

"Jadi sistemnya itu berupa Electronik Data Capture (EDC) yang pembayaran keuangannya tidak lagi menggunakan uang tunai tetapi pembayarannya dilakukan secara online," ungkapnya. 

Penerapan sistem ini diberlakukan, demi meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam sistem pelaporan keuangan di dalam RSU Anutapura.

"Karena RSU Anutapura telah menjadi Badan Layanan Umum (BLU), makanya sudah seharusnya menerapkan itu," imbuh Reny. (M Taufan SP Bustan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini