Sukses

Resep Sop Kambing Sehat untuk Idul Adha ala Chef Pasya

Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan untuk mengolah daging untuk menjadi makanan yang sehat juga bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan untuk mengolah daging untuk menjadi makanan yang sehat dikonsumsi juga bisa dilakukan.

Berikut in, resident chef di Chezlely Culinary School, Jakarta, Chef Pasha Hardiman berbagi resep makanan sehat dalam mengolah daging kambing menjadi sop kambing untuk perayaan Idul Adha nanti.

"Idul Adha itu identik dengan daging kambing. Jadi, jika Anda ingin membuat sop kambing, maka buanglah kaldu daging kambing atau air rebusan pertama saat merebus daging kambing, karena kaldu ini mengandung lemak tinggi," katanya saat ditemui di Tee Nine Lounge & Resto, Jakarta, ditulis Senin (29/9/2014).

Penasaran seperti apa sop kambing buatannya? catat resepnya sebagai berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan

Saran penyajian: 4 orang

Bahan bahan

300 gr daging paha kambing muda

300 gr iga kambing

Air 3 liter

1 lembar daun salam

2 sdt garam

1 sdt merica halus

4 sdm minyak goreng

1 butir biji pala, belah

4 cm kayu manis

3 butir cengkeh dan 2 buah kapulaga

3 buah kentang

1 buah wortel

2 batang daun bawang

2 batang seledri

7 biji bawang putih yang sudah di haluskan

3 sdm minyak samin

1 bawang bombay

Penyedap rasa sapi secukupnya

Bahan pelengkap

Bawang goreng

Jeruk limau

Emping goreng

Sambal merah / soto

Daun bawang iris

Daun seledri

Tomat cherry

3 dari 3 halaman

Cara membuat

Cara Membuat 

1. Potong daging kambing sesuai selera dan tulang kambing sepanjang 3-4cm,  masukan daging kambing ke dalam air yang mendidih. Masak dengan api sedang, masukan daun salam, sedikit wortel dan bawang bombay untuk menetralisir rasa kambing. Masak sampai daging kambing lunak.

2. Saring kaldu sebanyak 1.5 liter, bila cairan berkurang tambahkan air mendidih secukupnya, angkat daun salam, wortel dan daun bawang.

3. Panaskan minyak di dalam wajan, tumis bawang bombay, bawang putih halus, masukkan kayu manis, pala, cengkeh dan merica. Aduk hingga aromanya keluar, angkat. Masukan bumbu tumis kedalam panci tambahkan minyak samin.

4.  Potong wortel dan kentang sesuai selera, masukkan ke dalam sop, masak hingga sayuran matang dan bumbui beserta minyak samin.

5.  Masukkan sop beserta daging dan tulangnya ke dalam mangkuk saji. Taburi bawang goreng, bawang daun iris, daun seledri dan perasan jeruk limau, sajikan bersama sambal

Tips dalam Mengolah Kambing

Sebelum diolah menjadi makanan yang sehat, hindarkan daging kambing dari air. Cucilah daging kambing ketika anda sudah siap untuk mengolahnya, jika sudah terlanjur terkena air segera keringkan dengan lap bersih. Untuk menghilangkan bau khas dari daging kambing anda dapat memanfaatkan buah timun. Potong kecil timun dan remas-remas  bersama daging kambing yang sudah dipotong-potong. Getah buah timun dipercaya mampu menghilangkan aroma kambing. Ada dua cara memasak pengolahan sop kambing, menggunakan susu full cream atau susu kambing dan dengan kuah bening. Kali ini kami menyajikan sop kambing bening yang lebih sehat karena tidak memakai susu atau santan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.