Sukses

8 Langkah Sederhana Bentuk Otot di Rumah

Di rumah pun kita dapat melakukan seluruh gerakan untuk membentuk otot

Liputan6.com, Jakarta Membentuk otot tak harus latihan di pusat kebugaran. Di rumah pun kita dapat melakukannya. Bila dilakukan dengan benar, tidak hanya otot saja yang akan didapat, tetapi juga perut yang sixpack.

Jika Anda berniat melakukannya, cobalah tiru Mike Change, Instruktur Kebugaran asal Amerika Serikat, yang sering membagikan teknik-teknik fitnes dalam situs video, Youtube. 

Seperti dalam video berjudul `Beginner's Home Muscle Building And Cardio Workout,` Mike mempraktekan cara membentuk otot dan latihan kardio yang terdiri atas 4 ronde, 1 ronde terdiri dari 8 macam gerakan yang harus dilakukan selama 30 detik, secara intens tanpa istirahat, seperti dikutip Health-Liputan6.com, Senin (29/9/2014)

1. Push-up

Dalam kurun waktu 30 detik, Mike Change mampu melakukan gerakan ini sebanyak 29 kali. Mike mengatakan, Anda tidak perlu tergesa-gesa dalam melakukannya. Santai dan tidak lupa mengatur napas. Push-up bagus untuk membentuk otot perut.

2. Bent Over Rows

Bent over rows merupakan gerakan setengah membungkuk dan mengayunkan kedua tangan menggunakan dumble ke arah belakang. Berat dari dumble disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing individu.

Dalam waktu 30 detik, Mike mampu melakukan gerakan Bent over rows sebanyak 19 kali. Jangan lupa, kedua kaki harus direntangkan sejajar bahu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upright Rows



3. Upright Rows

Masih menggunakan dumble, angkat kedua tangan Anda sejajar bahu dengan napas yang diatur. Bila Anda memang tidak kuat melakukannya, istirahat lah sejenak. Setelah itu, lakukan lah gerakan ini.

4. Squat and Press

Squat and press merupakan gerakan menekan yang bermanfaat untuk mengencangkan otot paha. Caranya, Anda naik dan turun sejajar paha, dengan dumble di kedua tangan dan diletakkan di atas kepala. Setiap Anda bergerak ke atas, naikan juga kedua tangan yang sedang memegang dumble itu.

5. Curls

Sedangkan curls merupakan gerakan standar mengangkat dumble sejajar dada Anda. Untuk gerakan ini, dalam waktu 30 detik Mike mampu menyelesaikan sebanyak 25 kali.

3 dari 3 halaman

Close Grip Push up



6. Close Grip Push-up

Untuk melatih otot lengan belakang (tricep) tanpa alat, Anda dapat melakukannya dengan gerakan Close Grip Push-up ini.

7. Mountain Climbers

Gerakan ini seperti sedang mendaki gunung. Sebagai ancang-ancang, beradalah pada posisi seperti orang hendak melakukan push-up. Setelah itu, gerakan kaki seperti akan mendaki gunung.

8. Toe Touches

Mike melakukan Toe Touches dengan posisi berbaring sambil mengangkat kedua kaki, lalu tangan berusaha untuk menyentuh ujung kaki dengan mengangkat setengah tubuh Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini