Sukses

Nonton Film Horor Menyehatkan atau Bikin Penyakit?

Selain tidak logis, film horor cenderung membuat jantung berdegup kencang.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda bukan penggemar film horor, Anda mungkin akan bingung mengapa sejumlah orang menyukai film yang menakutkan. Selain tidak logis, film horor cenderung membuat jantung berdenyut kencang.

Saking penasarannya dengan denyut jantung ini, profesor komunikasi dari Universitas Purdue, Glenn Sparks mempelajari efek menonton dari film horor pada fisiologi pemirsa. Peneliti menemukan, ketika orang-orang melihat adegan mengerikan, denyut jantung mereka meningkat sebanyak 15 denyut per menit.

"Denyut jantung meningkat, telapak tangan berkeringat, suhu tubuh turun beberapa derajat, otot-otot tegang, dan terjadi lonjakan tekanan darah. Walaupun tidak nyata, tetapi secara emosional, otak kita bereaksi," kata Spark, seperti dikutip WebMD, Senin (29/9/2014).

Meski begitu, Spark merasa aneh lantaran semakin menakutkan film tersebut, semakin pecinta horor mengaku menikmati film.

Di sisi lain, penelitian dari University of Westminster, Inggris justru menemukan hal yang menarik dari menonton film horor karena dapat membantu membuang ratusan kalori.

"Menonton film horor yang memompa adrenalin bisa membakar kalori yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Karena denyut nadi jadi cepat, pompa darah ke seluruh tubuh jadi lebih cepat, sehingga tubuh mengalami lonjakan adrenalin yang berujung pada peningkatan hormon stres dan memengaruhi penurunan nafsu makan. Pada akhirnya film horor dapat meningkatkan Basal Metabolic Rate dan membakar lebih banyak kalori," tulis peneliti.

Penelitian lain mengungkapkan, menonton film horor atau melakukan hal yang memiu detak jantung berdegup kencang dapat melatih ritme jantung untuk tetap sehat. Peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center ini bahkan menuturkan bahwa film horor adalah salah satu cara melindungi jantung untuk tetap sehat. Walaupun begitu, peneliti tidak menyarankan penderita penyakit jantung untuk menonton film horor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.