Sukses

Kiat Tidur Nyenyak dan Berkualitas ala Adrian Maulana

Adrian Maulana mengaku, kuantitas tidur saja tidak cukup bila tidak diimbangin dengan kualitas dari tidur itu sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Tidur yang berkualitas merupakan hal penting bagi seorang pekerja hiburan seperti Adrian Maulana. Adrian mengaku, kuantitas tidur saja tidak cukup, bila tidak diimbangi dengan kualitas dari tidur itu sendiri. 

Bila selama ini kita dianjurkan untuk tidur selama 8 sampai 9 jam, bagi Adrian waktu tidur yang seperti itu akan dirasa percuma bila dalam praktiknya kita kerap terbangun di malam hari untuk buang air kecil dalam intensitas yang terlalu sering. Itu bukan tidur yang berkualitas.

"Delapan jam memang berkualitas, kalau kitanya tidak bolak-balik ke kamar mandi. Jadi, kalau saya, tidur berkisar enam jam pun dapat menjadi berkualitas asalkan saya benar-benar tidur dalam keadaan nyenyak," kata Adrian kepada Health-Liputan6.com di Jakarta, ditulis Minggu (28/9/2014).

Sadar bahwa profesi yang ditekuni saat ini mengharuskannya untuk selalu tampil prima, Adrian Maulana berusaha menjadikan aktivitas di mana seluruh organ tubuh dapat beristirahat sebagai ritual yang harus disyukuri, "Disyukuri yang bagaimana? dengan tidak membawa pekerjaan ke tempat tidur, jangan memikirkan segala macam kesibukan selama satu hari itu, dan sebelum tidur benar-benar menyiapkan diri untuk tidur."

Agar memiliki tidur yang berkualitas, Abang None 1992 pun tidak pernah lupa menyempatkan diri untuk mandi, semalam apa pun ia pulang ke rumah usai bekerja.

"Saya harus dalam keadaan bersih kalau mau tidur. Maka dari itu saya akan mandi menggunakan air hangat dan mengenakan baju senyaman mungkin," kata Adrian.

Sambil bercanda Adrian menganjurkan, sebagus apa pun bentuk badan kita, usahakan ketika tidur tidak mengenakan baju olahraga atau aerobik.

Apabila ketika hendak tidur tubuh masih dalam keadaan capai dan lelah, Adrian biasanya minta istrinya dibuatkan minuman hangat seperti susu atau air jahe. "Karena di badan saya, minuman hangat itu efektif membuat saya cepat tidur," kata Adrian. (*)

Karena 'ritual' sebelum tidur yang dilakukannya selalu berhasil, sang istri kerap kebingungan mengapa dirinya cepat sekali terlelap ketika berada di atas tempat tidur.

"Iya tuh, tidak sampai lima menit berada di kasur, saya sudah terlelap. Bangunnya pun dalam keadaan segar," kata Adrian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini