Sukses

Awas, Obat Penenang Tingkatkan Risiko Katarak

Ada kaitan antara obat penenang dengan risiko katarak. Perhatikanlah

Liputan6.com, Jakarta Anda yang sering menggunakan obat penenang, sebaiknya menyimak hasil temuan tim peneliti dari Universitas British Colombia, Vancouver Coastal Health Research Intitute dan Universitas McGill. Mereka mendapatkan jika beberapa jenis obat antidepresi dapat meningkatkan risiko katarak.

Studi yang melibatkan lebih dari 200 ribu orang berusia 65 tahun keatas di Quebec menunjukkan adanya kaitan antara katarak dan obat penenang berjenis selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI). Hasilnya, partisipan yang menggunakan obat SSRI memiliki risiko lebih besar 15 persen terkena katarak.

Hanya saja, studi ini tidak memperhitungkan faktor lain semisal kebiasaan merokok, yang juga dapat memperbesar risiko katarak.Ini merupakan penelitian yang pertama kali dilakukan untuk mengetahui kaitan antara obat penenang dan katarak pada manusia.

“Studi ini hanya mengungkap kaitan antara obat SSRI dan katarak. Belum bisa dijadikan patokan untuk melarang seseorang menggunakan obat jenis SSRI,” imbuh Mahyar Etminan, kepala dari tim peneliti ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini