Sukses

Andropause, Bentuk Menopause pada Pria

Andropause adalah kondisi di mana hormon testosteron mengalami penurunan di usia tua pada pria

Liputan6.com, Jakarta Menopause yang selama ini lekat pada diri seorang wanita yang telah memasuki masa-masa penuaan, turut dirasakan oleh kaum pria. Kondisi yang dialami kaum pria ini disebut dengan andropause.

Di Indonesia, tidak sedikit pria yang sadar telah mengalami kondisi di mana hormon testosteronnya mengalami penurunan. Setidaknya, satu dari empat pria di Indonesia merasa segala aktivitas di kehidupannya telah mengalami penurunan akibat dari andropause ini. Terlebih seiring dengan usia yang semakin bertambah tua, tingkat testosteronnya pun semakin berkurang.

Dr. Alvin Ng, menjelaskan bahwa andropuse yang dialami kaum adam berbeda dengan menopause yang dialami oleh kaum hawa. Misalnya, fungsi seksual maupun fertilitas tidak berhenti sama sekali, hanya terjadi penurunan secara bertahap.

"Jika tidak diobati, ketidakseimbangan ini dapat membuat pria merasa seperti kalah dalam `pertempuran` dan berjuang untuk mengatasinya di antara hari-hari yang penuh tuntutan pekerjaan, keluarga, dan kehidupan sosial," kata Alvin di Jakarta, Kamis (25/9/2014)

Pakar Endokrinologi pada The Endocrine Clinic Mount Elizabeth Novena Hospital menjelaskan, hormon mengontrol cara kita menanggapi lingkungan dan membantu untuk memberikan energi yang tepat, dan gizi yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi secara optimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini