Sukses

5 Batu yang Menyiksa Tubuh

Munculnya batu ini pada tubuh acapkali jadi permasalahan serius yang juga menyakitkan.

Liputan6.com, Jakarta Istilah batu banyak digunakan dalam dunia kesehatan. Hal ini merujuk pada suatu keadaan dalam tubuh manusia yang menimbulkan benjolan maupun kumpulan sesuatu dengan tekstur relatif keras. Munculnya batu ini pada tubuh acapkali jadi permasalahan serius yang juga menyakitkan.

Lalu, istilah-istilah batu apa saja yang menyiksa manusia? Berikut ulasannya seperti dirangkum Selasa (24/9/2014):

1. Batu ginjal

Batu ginjal atau dalam istilah kedokterannya disebut juga nefrolitiasis sebuah keadaan dimana terdapat kristal yang menyerupai batu pada organ ginjal yang terbentuk dari garam dan mineral.

Batu ginjal sendiri terdiri dari empat jenis yang ditentukan oleh penyebabnya yaitu batu kalsium, batu sistin, batu struvit, batu asam urat. Ukuran batu bervariasi, mulai dari berbentuk pasir hingga sebesar buah jeruk. Biasanya kaum pria lebih sering terkena penyakit ini dibandingkan perempuan.

2. Kencing batu

Istilah kencing batu penyebabnya sama dengan batu ginjal. Adanya kristal-kristal yang dihasilkan dalam ginjal akan terbawa ke saluran ureter. Hal ini akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat saat kencing yang disertai nyeri pinggang. Pada beberapa kasus, kristal-kristal tersebut ikut keluar pada saat kencing, sehingga disebutlah kencing batu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hati yang membatu

3. Hati yang membatu

Istilah ini merujuk pada penyakit sirosis, sebuah keadaan dimana hati penderita berbenjol-benjol layaknya wajah berjerawat.
Penyakit ini disebakan karena adanya kerusakan sel-sel hati oleh jaringan-jaringan ikat, diikuti dengan parut serta sering diiringi pembentukan ratusan nodelus (benjolan). Penyakit ini mengubah struktur hati dari jaringan hati normal menjadi bejolan-benjolan keras yang abnormal dan mengubah pembuluh darah.

Jaringan parut menghambat aliran darah ke hati dan menambah tekanan darah di perut. Hati yang mengalami sirosis kelihatan berbenjol-benjol, penuh parut, berlemak dan berwarna kuning jingga. Kemungkinan lainnya hati menjadi mengecil, berkerut dan keras seperti batu.

4. Jerawat batu

Pernah mendapati jerawat yang berukuran relatif besar lalu warnanya cenderung hitam bertekstur kasar. Dalam bahasa medis, jerawat batu ini disebut dengan Cystic acne. Tak hanya mengganggu penampilan, jerawat batu pun cenderung menimbulkan rasa perih akibat peradangan yang terjadi.

5. Batu empedu

Batu empedu merupakan timbunan kristal dalam saluran empedu. Kantong empedu merupakan kantong kecil bentuknya seperti buah pir yang berada di bawah hati. Kantong empedu menyimpan empedu yang dihasilkan oleh sel-sel hati.

Adanya gangguan pada empedu, -- seperti jumlah kolesterol atau bilirubin yang berlebihan--, dapat menyebabkan pengkristalan yang akhirnya membentuk batu.

Gejala yang ditimbulkan akibat penyakit ini seperti gangguan maag, hadirnya perasaan mual dan muntah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini