Sukses

Tes DNA Prediksi Diet Paling Efektif untuk Anda

Tes DNA ternyata bisa memprediksi diet yang paling efektif untuk tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta Tes DNA ternyata bisa memprediksi diet yang paling efektif untuk tubuh Anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Amerika Serikat, tes DNA bisa menentukan apakah Anda lebih cocok melakukan diet rendah lemak atau diet karbohidrat.

Hasil studi awal dari 101 perempuan menunjukkan mereka yang melakukan diet sesuai gen dapat menurunkan berat badan dua sampai tiga kali lipat lebih besar dibanding yang lain.

Sebuah studi yang berkembang yaitu nutrigenomics mencoba melihat bagaimana makanan dapat berinteraksi dengan gen. Dan telah lama diketahui bahwa reaksi seseorang terhadap nutrisi tertentu tergantung dengan genetik. 

Para peneliti dari universitas Stanford menganalisis data dari 101 perempuan dengan cara mengambil sampel DNA mereka dari sel pipi. Para perempuan itu dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan genotipe yang digambarkan sebagai karbohidrat rendah responsif, responsif diet rendah lemak dan diet yang seimbang genotipe responsif.

Hasilnya ditemukan bahwa orang-orang yang diet sesuai dengan genotipe mereka berhasil menurunkan berat badan 2-3 lebih besar setelah 12 bulan dibanding mereka yang melakukan diet "salah".

Prof Christine Williams, dari University of Reading berpendapat ini adalah studi yang menarik, tetapi butuh penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai gen yang terlibat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.