Sukses

Jujur Mengenai Kehidupan Seksual Kunci Harmonisnya Hubungan

Siapa sangka hubungan Anda dengan pasangan dapat bertahan lama hanya dengan saling jujur mengenai kehidupan seksual Anda.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka hubungan Anda dengan pasangan dapat bertahan lama hanya dengan saling jujur mengenai kehidupan seksual Anda.

Berdasarkan jejak pendapat yang dilakukan pemerintah pada 1200 orang di usia 15-24 tahun mereka menyebutkan bahwa membicarakan tentang infeksi seksual dan kehidupan seksual mereka di masa lalu dapat menjadi kunci utama. Mereka berpikir ini lebih serius daripada pertemuan orang tua.

Hampir 73 persen orang mengakui bahwa mereka tidak pernah berbicara tentang penyakit menular seksual sebelum berhubungan seks dengan pasangan baru, dan 30 persen nya mengatakan mereka tidak nyaman untuk meminta pasangan baru menggunakan kondom sebelum berhubungan seksual.

Survei menunjukkan banyak orang terlalu malu untuk berbicara terus terang mengenai seks dengan pasangannya. Separuh responden mengaku tidak pernah membicarakan seks karena alasan tidak memiliki waktu yang lama untuk mengobrol dengan pasangan, dan seperempatnya mengaku terlalu malu untuk membicarakan soal seks yang aman, infeksi menular seksual dan kontrasepsi.

Paula Hall, dari the relationship charity Relate mengatakan pasangan yang dapat berbicara jujur tentang hubungan seks pasti akan menjalin hubungan yang lama. "Mengkhawatirkan bila ini dianggap memalukan, apalagi pasangan muda sekarang sangat mengutamakan keterbukaan," tambahnya.

Rasa malu dapat meningkatkan risiko terjangkitnya penyakit menular seksual seperti klamidia. Penyakit ini tidak memiliki gejala apapun tetapi dapat mengakibatkan kemandulan dan masalah kesehatan yang serius. Jadi sangatlah penting bagi pasangan muda untuk bertanggung jawab dengan kehidupan seksual mereka sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini