Sukses

Cegah Pikun dengan Gosok Gigi

Meski sepele, rutin menggosok gigi berdampak besar. Selain gigi jadi bersih, Anda pun terhindar dari risiko pikun. Kok bisa?

Liputan6.com, London Menggosok gigi bukan hanya untuk membuat mulut harum, gigi bersih dan senyum menawan. Ternyata rutin menggosok gigi berdampak besar pada kesehatan otak Anda, dimana mampu mencegah risiko pikun.

Para ilmuwan dari University of Central Lancashire telah menemukan fakta bahwa adanya penyakit gusi dan kesehatan gigi yang buruk bisa membahayakan otak. Dalam studi tersebut, otak pasien demensia yang meninggal ditemukan adanya tanda-tanda Porphyromonas, bakteri yang bertanggungjawab atas gusi yang tidak sehat.

Para ilmuwan memercayai bahwa ketika bakteri mencapai otak lewat aliran darah, dapat memicu menurunkan kekebalan tubuh. Akibatnya ada kematian pada sel-sel otak yang memperbesar risiko terjadinya penyakit Alzheimer.

"Penelitian lain telah menyebutkan bahwa infeksi, termasuk infeksi oral dari area mulut dapat membuat seseorang terkena Alzheimer," terang ahli saraf dari Alzheimer Research UK Dokter Simon Ridley seperti dilansir laman Express, Senin (22/9/2014).

Tentu Anda tak mau dong, pikun karena hal yang sebenarnya bisa dicegah. Rutin menggosok gigi pada pagi dan malam sebelum tidur dengan langkah tepat buat gigi bersih bebaskan Anda dari risiko pikun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini