Sukses

15 Award untuk Pimpinan Gerakan Pramuka Bidang Kesehatan

Menkes memberikan 15 penghargaan kepada 15 orang Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Republik Indonesia sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Nasional Satuan Karya Pramuka Bakti Husada, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, memberikan 15 penghargaan kepada 15 orang Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional.

Satuan Karya Pramuka Bakti Husada adalah salah satu jenis Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kesehatan yang dapat diterapkan pada pada diri, keluarga, lingkungan, dan mengembangkan lapanagn pekerjaan di bidang kewirausahaan.

"Jadi, Saka Bakti Husada adalah gerakan Pramuka di dalam bidang kesehatan. Di dalamnya terdapat sejumlah Krida tentang segala macam yang berkaitan di bidang kesehatan," kata Nafsiah Mboi di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta, Senin (22/9/2014)

Dalam kesempatan yang juga dihadiri Kwartir Nasional Adyaksa Dault, Menkes memberikan 15 penghargaan dalam bentuk lencana kepada;

1. dr. Anung Sugihantono, M.Kes (Lencana Darmabakti).
2. dr. Supriyantoro, Sp.P MARS
3. dr. Ratna Rosita, MOH
4. dr. Asjikin Iman Hidayat Dachlan, MHA
5. dr. Yudi Prayudha
6. dr. Untung Suseno Sutarjo, M. Kes
7. dr. H. Andi Muhadir, MPH
8. dr. Desak Made Wismarini, MKM
9. drg. Usman Sumantri, M. Kes
10. Drs. Bayu Teja Muliawan, M.Pham, MM, Apt
11. drh. Wilfried Hasiholan Purba, MM, M. Kes
12. drg. Kartini Rustandi, M. Kes
13. Dr. Ir. Bambang Setiaji, M. Ke.,
14. Sugiharto, SKM, M. Kes
15. Febrima Wulan, SKM.

Lebih lanjut Nafsiah Mboi mengatakan bahwa anggota Pramuka Saka Bakti Husada kian meningkat dan tersebar di seluruh Provinsi serta Kabupaten/Kota di Indonesia. Dan saat ini, diperkirakan sekitar 600.000 orang yang telah menjadi anggotanya.

"Kita harapkan, bukan hanya di tingkat pusat saja, tapi ada di semua Provinsi dan Kabupaten/Kota. Bahkan, sekarang dengan ditingkatkannya gerakan Pramuka, kita juga sudah mendorong segala lapisan di semua Kabupaten/Kota," kata Nafsiah menjelaskan.

Dengan adanya penghargaan ini, Menkes berharap, anggota Saka Bakti Husada (SBH) mampu menjadi motivator dan terus memajukan secara khusus SBH, dan secara umum Gerakan Pramuka.

"Kita tahu bahwa mengajarkan kebersihan sejak generasi muda, diharapkan mampu membawa kebiasaan itu sampai mereka dewasa. Sebab, jika generasi muda ditanamkan nilai-nilai perilaku sehat dari kecil, maka ke depannya akan semakin mudah," kata Nafsiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini