Sukses

Awas, Kanker Hati Serang si Gemuk Peminum Alkohol

Banyak orang obesitas yang memiliki hobi minum alkohol mempunyai kesempatan lebih besar terserang kanker hati.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tahu bahwa obesitas atau kelebihan berat badan adalah hal yang harus dihindari. Sebab itu, bila Anda punya masalah obesitas janganlah menambahnya dengan hobi-hobi yang merugikan. Seperti yang ditemukan sebuah penelitian baru, yang ditemukan oleh para ilmuan di University of Oxford, Senin (22/9/2014).

Mereka menemukan banyak orang obesitas yang memiliki hobi minum alkohol mempunyai kesempatan lebih besar terserang kanker hati.

Para ilmuwan meneliti catatan medis dari 1,2 juta setengah wanita Inggris setengah baya. Mereka diteliti rata-rata sekitar enam tahun dan menemukan bahwa yang kelebihan berat badan atau obesitas menghadapi risiko yang lebih tinggi terserang sirosis hati, dan risiko meningkat pada mereka yang melaporkan minum rata-rata tiga gelas alkohol dalam setengah hari.

Namun secara keseluruhan jumlahnya kecil. Di antara mereka yang minum yang banyak, hanya 0,8 atau 1 dalam 1.000 dirawat di rumah sakit dengan sirosis hati atau meninggal karena penyakit itu selama lima tahun.

Tetapi di antara orang-orang yang dilaporkan meminum rata-rata 2,5 gelas sehari,angkanya adalah 2,7 dalam 1.000 orang memiliki berat badan yang sehat dan lima dalam 1.000 berbadan gemuk.

Dalam studi lain, tim di Universitas Glasgow dan Bristol melacak lebih dari 9.000 pria di Skotlandia rata-rata berusia 29 tahun. Mereka menemukan bahwa kombinasi dari konsumsi alkohol yang lebih sering dan obesitas meningkatkan kemungkinan terserang penyakit hati lebih besar dari apa yang dibayangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.