Sukses

Rutin 6 Makanan Ini, Bisa Lawan Kanker

Tak sulit mendapatkan bahan makanan di bawah ini yang baik untuk lawan kanker.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit kanker makin mudah ditemui menimpa orang-orang di sekitar kita. Hingga kini penyebab pasti pemicu kanker belum diketahui secara jelas. Selain faktor genetik gaya hidup tak sehat disebut oleh para ilmuwan memicu hadirnya sel-sel abnormal dalam tubuh.

Mengubah gaya hidup dan beralih makan-makan sehat mampu membantu tubuh lawan kanker. Berikut 7 Makanan yang bisa bantu lawan kanker dengan kandungan alaminya seperti dilansir Good Housekeeping, Senin (22/9/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Makanan Lawan Kanker

1. Beri

Stroberi dan rasberi mengandung asam ellagic terbaik dalam keluarga tanaman beri-berian. Kandungan ini membantu memblokir kanker kulit, kandung kemih, paru-paru, kerongkongan dan payudara. Selain itu, kandungan antioksidan yang sangat kuat menetralkan karsinogen berbahaya dan memperlambat penyebaran sel kanker.

2. Beras merah

Makanan kaya serat seperti beras merah dan outmeal bisa menurunkan risiko terkena kanker usus.

3. Jahe

Jahe segar maupun kering memiliki antioksidan yang bisa mencegah hadirnya sel kanker dalam tubuh.

4. Teh

Seseorang yang minum teh secara rutin mampu menurunkan risiko untuk beberapa jenis kanker seperti payudara, usus, paru-paru dan leher rahim.

5. Tomat

Tomat dikenal mengandung kandungan likopen yang memberikan warna merah ternyata mengandung antioksidan yang tinggi. Beberapa studi sudah membuktikan bahwa mengonsumsi tomat mencegah sel-sel kanker payudara, paru-paru dan endometrium menyebar luas.

6. Brokoli

Brokoli, kubis, dan kembang kol yang dikonsumsi mentah mengandung glucosinolat. Jika tidak suka mentah, terutama untuk brokoli, cukup dikukus selama tiga menit saja agar tak merusak enzim myrosinase yang dibutuhkan tubuh cegah kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini