Sukses

Alumni Magister Psikologi UI Gelar Program EcoFamily

Sejumlah alumni magister psikologi Universitas Indonesia yang tergabung dalam PT. Ekalavya Prima menggelar program EcoFamily.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah alumni magister psikologi Universitas Indonesia yang tergabung dalam PT. Ekalavya Prima menggelar program EcoFamily. Program ini  bertujuan memberikan alternatif kegiatan akhir pekan bagi keluarga perkotaan, dalam rangka mendorong terciptanya kebersamaan keluarga yang berkualitas dengan cara beraktivitas di alam terbuka.

“Menciptakan kebersamaan keluarga berkualitas dengan bermain di alam terbuka, merupakan cara yang disarankan oleh para ahli karena banyak manfaatnya,”kata Direktur  PT. Ekalavya Prima, Wina Suntowangi, Jakarta (18/9/2014).

Wina menjelaskan bermain di alam terbuka baik bagi perkembangan anak,  dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan mengembangkan disiplin diri, meningkatkan kemampuan motorik, yaitu koordinasi, keseimbangan dan ketangkasan serta membuat anak jarang sakit, meningkatkan kemampuan kognitif, yaitu kemampuan kewaspadaan, kemampuan analisa dan kemampuan observasi, mengasah kreativitas dan daya imajinasi, merangsang interaksi sosial dengan orang lain, memupuk kemandirian, serta menjadi penyeimbang stress. Sementara itu bermain bersama anak, dapat menjadi waktu orang tua untuk relax dan berfokus pada anak.

Selain itu, bermain bersama anak membantu orang tua untuk memahami keinginan, kemampuan dan perkembangan anak.  Saat bermain biasanya perilaku spontan alamiah akan muncul misalnya tertawa bersama-sama, kesal bersama karena suatu keadaan atau  berangkulan.

“Perilaku otomatis tersebut seringkali otomatis pula mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak,”jelasnya.

Dengan demikian, bermain bersama meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak.  Saat anak beranjak dewasa, orang tua akan dapat memanfaatkan waktu beraktivitas bersama sebagai waktu yang tepat untuk bicara hal-hal penting, misalnya berbicara tentang bahaya narkoba, efek buruk seks bebas atau hal  buruk lainnya.

EcoFamily turut mendukung upaya pemanfaatan taman kota yang merupakan area alam terbuka yang relatif mudah diakses oleh warga kota Jakarta, namun belum popular pemanfaatannya oleh keluarga-keluarga di Jakarta.  Biasanya keluarga masih lebih memilih menghabiskan weekend di mal-mal atau keluar kota.

Program pertama EcoFamily diadakan di Taman Tanjung tergabung dalam kegiatan HiddenPark, suatu kampanye publik pengaktifan taman kota oleh LeafPlus, sebuah konsultan komunikasi lingkungan.  EcoFamily menyelenggarakan aktivitas-aktivitas bagi keluarga seperti kegiatan bersama bagi orang tua dan anak yang dilengkapi dengan dialog parenting.  Pengalaman keluarga saat berkegiatan bersama akan jadi bahan pembahasan saat dialog parenting.  Dialog parenting di alam terbuka menjadi hal yang khas yang disajikan oleh program EcoFamily, untuk memberikan motivasi pada orang tua untuk semakin memanfaatkan alam terbuka bagi perkembangan anak yang sehat.

Pada tahun ini, EcoFamily menyelenggarakan dua kegiatan.  Kegiatan pertama bertema Keluarga Berburu Harta Karun, telah dilaksanakan di hari Sabtu tanggal 13 September 2014.  Pada kegiatan ini orang tua bersama anak, berusaha mencari petunjuk-petunjuk untuk mendapatkan harta karun.  Untuk memperoleh petunjuk-petunjuknya keluarga harus menyelesaikan beberapa tugas bersama-sama misalnya menggerakan tangan menirukan gerakan dahan bergerak atau mengumpulkan sampah organik dan anorganik.  Pada akhir kegiatan keluarga diajak berdialog untuk membahas manfaat bermain bersama anak di taman kota.

Kegiatan berikutnya bertema Fashion Show Baju Koran akan diadakan pada hari Sabtu tanggal 20 September 2014, mulai pukul 09.00 – 12.00.  Pada kegiatan ini orang tua bersama anak, diminta untuk membuat baju dari kertas koran lalu hasilnya akan diperagakan pada sesi Fashion Show.  Kegiatan ini, akan dirangkai dengan dialog parenting membahas manfaat kebersamaan keluarga bagi perkembangan anak.

Program EcoFamily akan diselenggarakan kembali pada tahun 2015, dengan tema besar Membangun Kebersamaan Keluarga di Alam Terbuka untuk Mengasah Kecerdasan Anak, akan diselenggarakan di beberapa taman kota di Jakarta.  Dengan terus menyelenggarakan kegiatan keluarga di taman kota, diharapkan pemanfaatan taman kota akan semakin diminati dan lebih banyak keluarga yang mendapatkan manfaat dari sehatnya beraktivitas di alam terbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini