Sukses

Terus Terang dengan Atasan Bikin Anda Makin Produktif

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa curhat dengan bos sekaligus berbagi pikiran bermanfaat bagi kesehatan dan kinerja

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa curhat dengan bos sekaligus berbagi pikiran bermanfaat bagi kesehatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja.

Anda para karyawan dan tentu saja para bos perlu membaca berita ini. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa curhat dengan bos sekaligus berbagi pikiran bermanfaat bagi kesehatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja. 

Perusahaan bahkan mesti didorong untuk mengizinkan pegawainya secara rutin menilai manajer mereka guna menghasilkan pegawai yang gembira, sehat dan bebas stres. Demikian studi yang sempat dipaparkan dalam Konferensi British Psychological Society.
    
Para peneliti membagi satu kelompok 150 bos jadi dua grup. Satu grup menerima umpan balik mengenai keterampilan managemen mereka dari 500 staf. Satu kelompok lagi mereka yang tak mau menerima.
    
"Ketika para manajer menerima umpan balik dari staf, mereka lebih mungkin mengubah pola managemen dan selanjutnya akan tampil makin efektif," kata studi tersebut.
    
Sementara dari pihak bawahan, keuntungan yang diperoleh adalah wahana untuk menyalurkan energi, kata ahli Emma Donaldson-Feilder, yang menyajikan hasil penelitian tersebut pada satu konferensi di Brighton.

Konsekuensi stres dapat merembes. Mereka yang terserang stres mungkin mengalami gejala psikologis, seperti gelisah atau depresi, gejala kejiwaan, seperti berdebar atau tekanan darah tinggi dan/ atau gejala kognitif seperti menurunnya kemampuan mental.

"Stres bisa menimbulkan banyak masalah. Tekanan yang diakibatkannya harus disalurkan secara tepat sehingga tercipta kondisi yang menyenangkan baik bagi karyawan maupun perusahaan sendiri," kata Donaldson-Feilder.
    
Atas temuan ini Donaldson-Feilder dan rekannya mengembangkan daftar pertanyaan yang dapat digunakan para staf untuk mengingatkan para manajer dan bahan kajian buat mereka yang tersedia di internet.
    
"Tanpa mengangkat cermin ke arah seseorang, mereka dapat menghadapi tempat gelap mengenai bagaimana mereka penampilan mereka dan jika mereka mengira mereka sudah cukup baik, mengapa mereka mesti berubah?" ia mempertanyakan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini