Sukses

Rawat Rambut Sehat dari Dalam

Selain rutin mencuci dan memberikan vitamin rambut, cara paling ampuh untuk membuat rambuh sehat paling penting dengan asupan makanan.

Liputan6.com, Jakarta Selain rutin mencuci dan memberikan vitamin rambut, cara paling ampuh untuk membuat rambuh sehat sesungguhnya dari dalam. Mengonsumsi beberapa makanan mampu menjadikan rambut lebih kuat dan jauh dari rontok.

"Hal terbesar untuk kesehatan rambut yaitu dari makanan sehat yang dikonsumsi. Semakin bernutrisi makanan yang diasup semakin baik tubuh bekerja. Termasuk rambut," terang ahli kesehatan rambut Robert Kominiarek, DO, FACOFP.

Berikut lima daftar makanan dan minuman yang mesti diasup demi rambut sehat, kuat bebas rontok seperti dilansir Good Houskeeping, Jumat (19/9/2014).

1. Susu
Susu merupakan salah satu sumber terbaik akan protein, kalsiu, Vitamin D, dan biotin. Kekurangan vitamin dan mineral ini membuat rambut rentan rontok.

2. Telur
Asupan nutrisi yang paling dibutuhkan rambut adalah protein dan telur merupakan sumber protein yang baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salmon, Sayuran dan Air

3. Salmon
Tak ada yang mengelak ikan yang satu ini. Selain nikmat dalam aneka sajian, kandungan asam lemak omega-3 membantu memperkuat rambut dan membuat kulit kepala bebas ketombe.

4. Sayuran hijau
Kale, bayam, sawi dan sayuran hijau lain merupakan sumber baik untuk Vitamin A dan C. "Kedua vitamin ini penting untuk memproduksi kolagen yang membangun dan memperkuat pembuluh darah," kata ahli rambut Holley Grainger, MS, RD.

5. Air
Dehidrasi tak hanya membuat masalah untuk kulit, rambut pun juga. "Memastikan tetap terhidrasi adalah kunci agar fungsi tubuh berjalan baik," terang Grainger. Asupan air yang baik membantu mengangkut semua nutrisi yang dibutuhkan rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini