Sukses

Untuk Pertama Kali, Ngaben Ada di RS Sentra Medika Bogor

Jika biasanya warga Bali mengikuti proses Pelebon Agung (Ngaben) di Pura atau sepanjang jalan di Bali.

Liputan6.com, Jakarta Jika biasanya warga Bali mengikuti proses Pelebon Agung (Ngaben) di Pura atau sepanjang jalan di Bali. Penampakan tak biasa kini justru muncul di sebuah Rumah Sakit Sentra Medika yang terletak di Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Menurut Direktur Utama RS Sentra Medika Cibinong, Suherman Widyatomo acara ini merupakan apresiasi terhadap keluarga duka sekaligus untuk meringankan keluarga dalam mencapai kesempurnaan menghadap sang pencipta.

"Seperti pelangi, kami ingin melayani pasien dengan one stop service. Kebetulan, ini acara umat Hindu. Jadi kami fasilitasi mereka. Tapi
pelayanan RS tidak terfokus pada satu agama. Semua agama termasuk islam, konghucu ataupun kristen akan kami bantu," katanya pada
Liputan6.com, Jumat (19/9/2014).

Herman menerangkan, RS Sentra Medika memiliki lahan seluas 6 hektare yang terdiri dari rumah sakit, rumah duka kan Krematorium (Rumah Abu). Ia mengatakan, acara Ngaben atau Pelebon ini dilakukan untuk pertama kalinya di kawasan Jabodetabek.

"RS lain mungkin lahannya terbatas, tapi disini luas. Ngaben nanti akan dilakukan dekat danau. Kebetulan yang meninggal adalah pemuka
agama, dan pernah jadi anggota militer. Jadi sebelum melakukan upacara, jenazah juga akan melalui proses upacara militer," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.