Sukses

Tak Semua Jus Sehat, Ini Aturan Buat Jus Sehat

Tak semua jus itu sehat. Berikut cara untuk membuat jus sehat untuk tubuh dan enak di lidah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Minum jus bisa menyehatkan tapi bisa juga tidak. Ketika terbiasa mengonsumsi jus dengan kadar gula tinggi dan minim serat Anda malah tak bisa dapatkan manfaat jus bagi kesehatan.

Oleh karena itu, ahli nutrisi sekaligus pendiri Food Life, Eden Elizabeth, berbagi resep bagaimana aturan membuat jus sehat. Seperti dilansir dari Canada Living, Jumat (19/9/2014) begini syaratnya:

1. Kurangi buah perbanyak sayuran
Jus yang paling enak di lidah berasal dari buah. Perlu diketahui bahwa ketika buah dihancurkan dalam juicer, serat-serat gual melepaskan gula alami yang berdampak membuat gula darah dalam tubuh meningkat. Lebih baik, campur antara buah dan sayuran untuk mendapatkan jus sehat.

2. Variasikan sayuran
Untuk mendapatkan beragam manfaat nutrisi untuk tubuh, jangan membuat jus dengan sayuran yang sama. Selain agar tak bosan, kandungan nutrisi yang berbeda membuat tubuh kaya vitamin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilih bahan organik

3. Pilih bahan organik
Baik buah dan sayur yang dikonsumsi adalah bahan mentah. Penggunaan pestisida tak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, lebih baik memilih bahan-bahan organik untuk membuat jus.

4. Jangan buang serat
Jangan buang serat jus yang tersimpan di mesin jus Anda. Malah inilah yang tersehat di dalam jus, terang Elizabeth.

5. Masukkan kulit
Kulit apel, timun, pir acapkali dibuang saat membuat jus. Jangan lakukan hal tersebut. Kandungan nutrisi di dalam kulit sangat baik untukk tubuh. Kulit apel misalnya, mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang tentu saja sayang sekali jika tidak dimanfaatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.