Sukses

4 Pemanis Alami Pengganti Gula Pasir

Agar terhindar dari penyakit degeneratif, ada baiknya bagi kita mengganti gula pasir dengan jenis pemanis alami lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Agar terhindar dari penyakit degeneratif, ada baiknya Anda mengganti gula pasir dengan pemanis alami lainnya. Sebab, mengonsumsi gula pasir berlebihan menyebabkan terjadinya penambahan berat badan, diabetes, dan penyakit jantung. 

Berikut ini 5 pemanis buatan yang dapat menggantikan gula pasir yang cocok dicampurkan ke dalam minuman atau makanan yang dikonsumsi, seperti dikutip Health Me Up, pada Jumat (19/9/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1



1. Madu

Madu adalah pemanis alami yang mengandung beragam manfaat, seperti vitamin dan mineral. Madu pun bermanfaat mengurangi rasa cemas, dan mengobati gangguan pencernaan.  Madu juga cocok dicampurkan ke dalam adonan kue, atau semangkuk oatmeal yang biasa disantap di pagi hari. Madu bahkan dikatakan aman bagi penderita diabetes.

3 dari 5 halaman

2



2. Agave nektar

Agave nektar merupakan ekstrak tanaman agave (semacam kaktus) yang mengandung indeks glikemik rendah. Namun, karena mengandung fruktosa yang cukup tinggi, konsumsi agave penuh perhitungan, dan jangan berlebihan.

4 dari 5 halaman

3



3. Gula kelapa

Gula kelapa terbuat dari getah yang diekstrak dari pohon kelapa. Gula kelapa sama seperti gula merah, yang kerap digunakan di dalam adonan makanan penutup. 

5 dari 5 halaman

4



4. Sirup maple

Sirup maple diekstrak langsung dari getah pohon maple. Sirup maple mengandung zink, magnesium, dan besi, yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sirup maple juga mengandung antioksidan yang memiliki fungsi sebagai anti kanker, anti bakteri, dan anti diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.