Sukses

5 Makanan Pengusir Jerawat

Kebiasaan memilih makanan sehat akan membuat jerawat berkurang.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan makan seseorang ternyata punya dampak besar terhadap tampilan wajah. Memasukkan makanan sehat ke dalam tubuh tak hanya berdampak pada kesehatan Anda, tampilan kulit pun jauh dari jerawat.

Cerdas memilih makanan sehat akan membuat jerawat enggan muncul di wajah Anda. Berikut, kebiasaan makan yang bisa usir dari jerawat seperti dilansir laman Health, Jumat (19/9/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebiasaan makan sehat

1. Makan Avokad
Menurut studi yang dipublikasikan dalam  Lipids in Health and Disease menyarankan untuk mengonsumsi makanan kaya lemak baik dapat membantu mengurangi jerawat. Selain avokad, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun dan minyak zaitun serta ikan salmon dan sarden mengandung lemak baik.

2. Batasi produk susu
Mengonsumsi susu dapat memperburuk jerawat pada beberapa orang menurut studi yang dipublikasikan dalam American Academy of Dermatology 2011. "Pada pasien yang tidak memiliki bakat jerawat secara genetik, mengonsumsi susu tidak akan memberikan peran apapun. Berbeda bagi mereka gen jerawat dari orangtua, mengonsusmi susu membuat jerawat rentan muncul dan lebih banyak," terang Ahli Dermatolog Dartmouth Medical School William Danby.

3 dari 3 halaman

Tambah Zinc

3. Tambah konsumsi zinc
Zinc sangat pentin untuk struktur dan fungsi membran sel. Sebuah studi kecil di Turki menunjukkan mereka yang mengandung zinc lebih banyak wajah cenderung tak berjerawat. Sumber zinc bisa didapatkan dari daging, telur, jamur, produk gandum dan tiram.

4. Pilih karbohidrat kompleks
Roti tawar putih, nasi putih, pasta dapat menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat yang memberikan kontribusi munculnya jerawat. Namun, makanan dengan indeks glikemik rendah dapat meningkatkan kesehatan kulit. Segera ganti pilihan karbohidrat Anda menjadi beras merah, barley dan juga ubi jalar.

5. Tambah Vitamin A
Vitamin yang larut dalam lemak ini diperlukan agar kulit jadi sehat menurut sebuah studi dalam jurnal Clinical and Experimental Dermatology. Dengan asupan Vitamin A yang terpenuhi mampu memperbaikin kondisi jerawat pada pasien. Ubi jalar, kangkung, bayam dan wortel adalah contoh makanan kaya Vitamin A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini