Sukses

Supaya Nggak Mudah Ngos-ngosan

Saat melakukan kegiatan fisik yang sama, orang yang lebih tua jelas harus bekerja lebih keras daripada anak muda

Liputan6.com, Jakarta Saat melakukan kegiatan fisik yang sama, orang yang lebih tua jelas harus bekerja lebih keras daripada anak muda. Namun, bila orang yang lebih tua itu berolahraga teratur, perbedaan yang disebabkan oleh usia tersebut dapat dipersempit.

Dalam suatu pengkajian yang membandingkan orang-orang yang sehari-hari kurang bergerak, masing-masing berusia antara 60 hingga 70 tahun dan mereka yang baru berusia 20 dan 30 tahun, periset mendapati bahwa untuk berjalan dengan kecepatan yang sama, pria dan wanita berumur membutuhkan jumlah oksigen yang lebih banyak dibanding anak muda.

Namun, itu terjadi enam bulan sebelum para orang tua tersebut mengikuti program olahraga. Setelah orang-orang berumur itu mengikuti latihan jalan kaki, joging, bersepeda, dan peregangan, mereka dapat memulihkan kembali exercise efficiency mereka.

Exercise efficiency merujuk pada seberapa banyak energi yang dikeluarkan tubuh untuk melakukan suatu aktivitas tertentu. Pada awal pengkajian, pria dan wanita berumur butuh 20 persen oksigen lebih banyak dibanding anak muda untuk berjalan dengan kecepatan yang sama.

Meski begitu, enam bulan kemudian setelah mereka teratur berolahraga tiga kali seminggu masing-masing 90 menit exercise efficiency orang berumur itu membaik 30 persen. Berarti lebih banyak dibanding anak muda yang hanya membaik 2 persen.
Pengkajian yang dilakukan oleh tim pimpinan Dr. Wayne C. Levy dari University of Washington di Seattle ini muncul di Journal of the American College of Cardiology. Sebelumnya sudah diketahui, begitu seseorang mulai menua, terjadi penurunan kapasitas exercise, yaitu seberapa banyak beban kegiatan yang dapat dilakukan seseorang sebelum ngos-ngosan.

Namun, dari pengkajian itu diketahui, penurunan kemampuan itu rupanya tak semata-mata karena sistem kardiovaskular yang menua, sehingga kurang mampu mengalirkan pasokan oksigen ke otot-otot untuk bekerja.

Penurunan itu rupanya juga disebabkan oleh kurang aktifnya orang tua dalam berkegiatan. Padahal, melalui kegiatan fisik yang teratur, penurunan itu dapat dihambat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.