Sukses

Persiapan Khusus RS Sanglah Hadapi Ebola

RS Sanglah ternyata telah menyiapkan sejumlah persiapan serius untuk mencegah penularan ebola.

Liputan6.com, Jakarta Tak ingin kecolongan dalam menangani pasien penyakit dari virus menular, RS Sanglah ternyata telah menyiapkan sejumlah persiapan serius untuk mencegah penularan ebola.

Menurut Direktur Umum RSUP Sanglah, Dr Anak Ayu Sri Saraswati M.Kes, cara ini dilakukan karena berdasarkan pengalaman menangani penyakit menular seperti flu burung, SARS, MERS dan sebagainya. Lagipula, kata dia, RS di Denpasar ini selalu kedapatan mengurusi pasien suspek.

"Selain ada ruangan khusus, dokter kami juga memiliki persiapan yang matang untuk mengatasi  pasien dengan gejala mirip ebola. Selain itu fasilitas pengamanan juga telah lama disiapkan agar alur pasien, datang dari pintu belakang, nanti dia akan disembur disinfektan dan dimasukkan ruang isolasi," kata Ayu pada wartawan di Media Center BPJS Kesehatan, Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Ayu menambahkan, dokter khusus yang disiapkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap virus seperti ebola biasanya ahli penyakit dalam dan tim dari laboratorium. Tapi sosialisasi penyakit tetap diinformasikan kepada semua karyawan. Walaupun begitu, ia sama sekalai tidak mengharapkan orang Indonesia tidak terkena dampak ebola. "Semoga tidak ada ya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ebola merupakan penyakit yang menyerang manusia, monyet, simpanse, gorila, dan primata lain yang disebabkan oleh virus Ebola.

    Ebola

  • RS Sanglah

Video Terkini