Sukses

WHO Butuh Semiliar Dollar Atasi Ebola

WHO membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk atasi wabah Ebola. Paling tidak satu miliar dollar Amerika.

Liputan6.com, Jakarta WHO membutuhkan kucuran dana paling tidak satu milyar dollar Amerika untuk mengatasi kasus virus Ebola di Afrika Barat seperti yang diungkapkan pejabat PBB dalam konfrensi pers, Selasa (16/9/2014) di Jenewa.

Wabah terburuk virus mematikan Ebola hingga kini memang masih menyebar luas di Afrika Barat. Hingga kini kasus Ebola telah terjadi di Sierra Leone, Liberia, Guinea, Nigeria, Senegal dan Republik Demokratik Kongo. Sekitar 4.985 kasus orang terinfeksi dengan yang meningggal 2.461 kasus.

"Jumlah kasus akant terus meningkat, sehingga kita harus bergerak cepat mengatasi dibandingkan pergerakan wabah virus itu sendiri " terang Asisten Direktur WHO Bruce Aylward seperti dilansir Time, Kamis (18/9/2014).

"Bulan lalu kami membutuhkan 100 juta dollar Amerika, namun kini berubah menjadi satu milyar dollar Amerika meningkat 10 kali lipat karena wabah ini melonjak sangat cepat. Jauh dibandingkan sebelumnya," terang dokter David Nabaro, koordinator senior PBB untuk kasus Ebola.

Menurut data Financial Tracking Service, hingga Rabu lalu dana sebesar 155 juta dollar Amerika telah didapatkan. Berasal dari bantuan negara lain, lembaga global, perushaan swasta, dan badan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini