Sukses

4 Manfaat Musik bagi Kesehatan

Musik yang mampu memengaruhi suasana hati, memiliki sejumlah manfaat bagi hidup kita

Liputan6.com, Jakarta Musik memiliki sejumlah manfaat bagi hidup kita. Musik yang mampu memengaruhi suasana hati kita dapat digunakan sebagai media relaksasi, penyemangat di saat olahraga, bahkan di saat kita sedang bersedih atau dalam keadaan senang sama sekali.

Karena musik memengaruhi kadar oksitosin di dalam otak kita, maka musik dapat merangsang perasaan senang, relaksasi, dan ikatan sosial yang kuat.

Berikut ini, 4 manfaat musik dalam hidup kita seperti dikutip Health Me Up, pada Kamis (18/9/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1



1. Menyembuhkan penyakit kronis

Mendengarkan musik menyebabkan terjadinya pelepasan endorfin. Ketika musik didengarkan sesudah pasien melakukan operasi, maka dapat meredakan rasa sakit pada pasien tersebut. Bahkan dengan musik, mencegah terjadinya sakit kepala dan migrain.

3 dari 5 halaman

2



2. Pemulihan bagi pasien stroke, operasi jantung, dan prosedur medis lainnya


Musik mampu meningkatkan memori visual dan fokus pada pasien yang menderita stroke. Musik juga dapat mengurangi tekanan darah, dan membantu mengurangi rasa cemas dan mengurangi rasa sakit pada pasien yang melakukan operasi jantung.

Musik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan hormon kortisol.

4 dari 5 halaman

3



3. Mengurangi rasa cemas, stres, dan depresi

Musik menurunkan tekanan darah, dan meredahkan stres. Dengan begitu, musik bermanfaat untuk meningkatkan pola tidur kita dengan menurunkan denyut jantung.

5 dari 5 halaman

4



4. Mencegah penuaan otak


Individu yang rutin mengikuti kelas musik di masa muda, akan menunjukan terjadinya ketajaman mental saat usia mereka tua.

Orang tua dengan penyakit otak degeneratif seperti demensia dan Alzheimer, akan memperoleh kembali kenangan dulu saat didengarkan alunan musik yang syahdu.

Dengan musik, membantu pasien mengingat peristiwa apa saja yang pernah terjadi dalam hidup mereka.

Apakah Anda gemar mendengarkan musik? Jenis musik apa yang menjadi favorit Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.