Sukses

Tiap Tahun, Penderita Pikun Mencapai 7,7 Juta

Menurut WHO, kasus baru demensia (pikun) didiagnosa setiap 4 detik dengan jumlah kasus baru setiap tahunnya mencapai 7,7 juta

Liputan6.com, Jakarta Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, kasus baru demensia (pikun) didiagnosa setiap 4 detik dengan jumlah kasus baru setiap tahunnya mencapai 7,7 juta. Jumlah ini diperkirakan meningkat dua kali lipat setiap 20 tahun yaitu 115,4 juta kasus di tahun 2050.

"Karena itu menjelang Hari Alzheimer sedunia pada 21 September, penting bagi kita semua berefleksi dan merenungkan berbagai isu kritis kesehatan yang dapat terjadi pada diri kita masing-masing baik langsung atau tidak pada satu waktu dalam hidup kita,"ujar Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia DY Suharya, dalam surat elektroniknya ke redaksi Liputan6.com, Kamis (18/9/2014).

Di kawasan Asia Pasifik, kata Suharya, jumlah kasus demensia diperkirakan meningkat dari 13,7 juta menjadi 64,6 juta pada tahun 2050.

Di Indonesia, situasinya menjadi lebih sulit dengan rendahnya tingkat diagnosa serta meningkatnya jumlah lansia. Saat ini, kata Suharya, Indonesia memiliki populasi lansia lima terbesar di dunia, yaitu sekitar 10 persen dari total penduduk (25 juta lansia).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini