Sukses

Penyakit Pikun Harus Jadi Prioritas Nasional

Menjadikan demensia sebagai prioritas nasional adalah satu-satunya cara untuk memastikan penderita demensia dapat perawatan terbaik

Liputan6.com, Jakarta Menjadikan demensia atau pikun sebagai prioritas nasional adalah satu-satunya cara untuk memastikan penderita demensia serta keluarganya memeroleh pengobatan serta perawatan yang terbaik.

"Ini dapat dicapai dengan investasi terhadap penelitian maupun infrastruktur demi memperdalam pemahaman terhadap penyebab demensia, meningkatkan kualitas peralatan diagnosa serta mengembangkan teknik perawatan dan terapi terbaru yang efektif,"ujar ujar Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia DY Suharya, dalam surat elektroniknya ke redaksi Liputan6.com, Kamis (18/9/2014).

Perlu juga meningkatkan advokasi, mulai dari membantu masyarakat untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, mengenali gejala awal serta mengurangi stigma yang membuat keluarga dan pengasuh merasa malu mencari pertolongan dan dukungan.

Pentingnya mengetahui, kata Suharya, tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, melainkan juga secara kolektif. "Tidak ada jalan keluar singkat, investasi untuk kesehatan masyarakat sudah selayaknya sejajar dengan prioritas nasional lainnya,"tegas Suharya.

Pribadi yang sehat, kata Suharya, akan menjadikan Indonesia bangsa yang sehat. Ini han paling penting bagi kita semua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini