Sukses

Bergosip pun Ada Manfaatnya

Jangan pandang sebelah mata bergosip, bergosip punay manfaat untuk Anda lho.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini aktivitas bergosip dipandang buruk, namun nyatanya punya manfaat baik bagi kesehatan maupun kehidupan sosial seseorang. Kok bisa?

Definisi bergosip menurut KBBI adalah obrolan tentang orang lain. Baik atau buruknya bergosip tentu tergantung dari topik pembicaraan tersebut. Apapun topiknya, pada dasarnya bergosip melibatkan pertukaran pandangan dan pendapat akan sesuatu yang merangsang otak untuk aktif bekerja.

Selain itu, masih ada manfaat lain yang acapkali tak disadari oleh banyak orang. Seperti dilansir Boldsky, Rabu (17/9/2014) berikut daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Redakan stres

1. Meredakan stres
Siapa bilang bergosip adalah aktivitas sia-sia. Stres menghadapi orang atau masalah kemudian diceritakan akan mampu mengurangi rasa stres tersebut.

2. Mencerahkan suasana hati
Usai penat bekerja, paling menyenangkan untuk asik bercerita dengan teman sekantor. Meski sebentar bercerita membicarakan pekerjaan atau teman kantor dapat membuat suasana hati  lebih ringan.

3. Perkuat ikatan
Saat bergosip dengan teman, tentu Anda tak sembarangan memilih teman yang diajak bergosip. Kepercayaan terhadap seseorang dengan menceritakan rahasia kecil akan membuat Anda merasa nyaman dengan teman ini. Ikatan hati pun jadi lebih kuat.

3 dari 3 halaman

Beri informasi

4. Informatif
Tak semua perbincangan gosip tidak berguna. Anda tak pernah tahu bisa jadi pembicaraan memberikan informasi yang berguna dari kehidupan yang menyangkut kehidupan Anda. Misalnya saat teman berbicara tentang perawatan dokter gigi di rumah sakit A yang ditangani oleh dokter tampan dengan harga yang lebih murah. Anda mendapatkan informasi yang berguna bukan?

5. Menghibur
Menghabiskan waktu bersama teman membuat waktu tak ada habisnya untuk bercerita. Berbagai cerita lucu dan bodoh bisa saling diceritakan yang bisa menghibur. Mendapatkan hiburan akan membuat seseorang otak jadi tak tegang dan lebih santai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini