Sukses

Saat Diare, Hindari 5 Makanan Ini

Jangan asal makan saat diare. Berikut daftar makanan yang dihindari saat diare.

Liputan6.com, Jakarta Jangan perburuk keadaan saat terjadi diare dengan salah mengonsumsi makanan. Makanan tertentu dapat membuat kerja usus kembali terganggu sehingga yang memperburuk kondisi Anda.

Dilansir dari Everyday Health, Selasa (16/9/2014) makanan ini yang harus dihindari saat terjadi diare diantaranya:


1. Makanan berlemak
Makanan tinggi lemak seperti makanan cepat saji sebaiknya dihindari saat diare. Selain itu, jangan konsumsi makanan yang digoreng dan bersaus karena akan membuat diare memburuk.

2. Susu, es krim, dan keju
Menghindari ketiga makanan di atas selama diare bisa membantu agar kondisi perut jadi stabil. Namun, tak berlaku untuk yoghurt. Olahan susu ini memiliki bakteri baik untuk kesehatan usus yang mempercepat diare selesai.

3. Minumal alkohol dan kafein
Kedua minuman ini mengandung bahan yang membuat tubuh kehilangan cairan. Jadi tak disarankan untuk mengonsumsi alkohol dan kafein saat diare agar tubuh Anda tak dehidrasi.

4. Minuman bersoda
Minuman bersoda dan minuman manis lain menimbulkan efek pencahar pada sistem pencernaan. Jika mengonsumsi yang manis-manis malah membuat Anda lebih rajin ke kamar mandi saat diare.

5. Makanan yang menyebabkan gas berlebih
Pada saat kondisi tubuh normal Anda memang dianjurkan untuk makan sayuran. Namun pada saat diare lebih baik hindari makanan yang memicu gas pada usus seperti kubis, kacang-kacangan, brokoli dan bunga kol.

Ketika perut mulai nyaman dan tak lagi bolak-balik ke kamar mandi, kelima makanan di atas boleh kembali dikonsumsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini