Sukses

4 Makanan Kaya Zat Besi untuk Ibu Hamil

Hindari bayi lahir prematur dengan mengonsumsi makana kaya zat besi untuk ibu hami.

Liputan6.com, Jakarta Zat besi, merupakan salah satu nutrisi yang wajib dipenuhi saat perempuan hamil. Kekurangan zat ini bisa menyebabkan janin lahir prematur. Selain itu menyebabkan anemia dan rentan terhadap penyakit dan infeksi.

Oleh karena itu penuhi kebutuhan zat besi pada ibu hamil sebanyak 27 mg per hari dengan beragam alternatif makanan berikut seperti dilansir Everyday Health, Selasa (16/9/2014).


1. Kacang-kacangan
Dalam secangkir kacang-kacangan mengandung 5 mg zat besi. Selain itu mengandung protein yang baik untuk tubuh.

2. Sereal
Jangan lupakan sarapan, dan ada baiknya sarapan menggunakan sereal yang kaya zat besi. Sebelum membeli periksa label nutrisi.

3. Kedelai
Setengah cangkir kedelai mengandung lebih dari 4 mg zat besi. Selain itu, kedelai kaya protein dan serat, serta banyak vitamin dan asam amino. Menurut pakar gizi Largeman-Roth, banyaknya manfaat makanan ini sehingga paling direkomendasikan dikonsumsi.

4. Bayam
Bayam merupakan sumber makanan kaya zat besi yang sangat baik dan juga mudah didapatkan. Satu cangkir bayam mengandung 6 mg zat besi. Selain itu ada protein, serat, kalsium dan Vitamin A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini