Sukses

Keliling Amerika, Pria ini Bawa Testis Raksasa

Liputan6.com, Jakarta Kampanye peduli kesehatan makin hari makin kreatif. Seperti yang dilakukan Thomas Cantley, 31, yang menggelindingkan sebuah bola testis raksasa ke seluruh Amerika Serikat demi meningkatkan kepedulian dan dukungan pria muda terhadap kanker testis.

Cantley memulai trek perjalanannya bersama Lefty, si testikel raksasa pada 4 September lalu di Santa Monica, California. Hingga kini, ia sudah memutari California dan mendokumentasikan dalam akun instagram, Mr. Ballsy.

"Saya melakukan ini untuk menarik perhatian banyak orang. Sehingga, orang bisa datang kepada saya menanyakan 'benda apa ini', 'apa itu', 'untuk apa kau lakukan ini', 'mengapa bentuk bola ini seperti testis'," terang Centley seperti dilansir KSBW, Selasa (16/9/2014).

Selain itu, kampanye ini pun digunakan untuk menggalang dana untuk Testicular Cancer Foundation untuk menjalankan misi mengedukasi pria muda dan keluarga tentang kanker testis. Dimana sekarang kanker testis merupakan kanker nomor satu pada pria usia 15-35 tahun.

Bukan tanpa sebab Cantley melakukan aksi ini. Pada tahun 2009, testis kiri Cantley membengkak sebesar jeruk dan luar biasa menyakitkan. Namun ia menghiraukan tanda ini. Apalagi kesibukannya menyita perhatian sehingga ia melupakan apa yang dialaminya.

Tak berapa lama, ia memeriksakan diri dan divonis kanker testis stadium III yang telah menyebar ke kelenjar getah bening dan jika tak diobati akan menyebar ke seluruh tubuh termasuk otak. Alhasil salah satu testis harus diangkat dan ia berhasil selamat dari kanker.

Oleh karena itu, lewat kampanye ini ia ingin membuat para pria muda peka terhadap kesehatan testisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.