Sukses

Ketahui Penyebab Jerawat Berdasarkan Lokasi

Liputan6.com, Jakarta Punya masalah dengan kehadiran jerawat? Ternyata lokasi jerawat berada bisa menjadi indikator permasalahan apa yang sedang terjadi dalam tubuh.

"Kulit manusia berfungsi seperti billboard yang menunjukkan apa yang terjadi dalam tubuh. Kehadiran jerawat sebenarnya sebuah pesan kesehatan dan kebersihan tubuh," terang ahli kulit Joshua Zeichner, MD dari Departement Dermatology Mount Sinai Hospital di New York seperti dilansir laman Cosmopolitan, Selasa (16/9/).

Ini dia lokasi jerawat beserta estimasi tanda yang kira-kira terjadi pada tubuh:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dagu


- Dagu, rahang dan leher
Bagi perempuan, jerawat ini biasa muncul menjelang siklus menstruasi. Adanya perubahan hormon testosteron membuat kelenjar kulit lebih banyak menghasilkan minyak yang berujung menyumbat pori-pori dan sebabkan jerawat.

- Dahi dan hidung
Menurut dokter Zeichner, stres adalah penyebab hadirnya jerawat pada bagian ini. Stres memicu jerawata untuk melepaskan adrenalin yang meningkatkan produksi minyak pada bagian ini dan meningkatkan munculnya jerawat.

- Garis rambut
Pernah mendapati hadirnya jerawat kecil-kecil di sekitar garis rambut? Hal ini disebabkan karena penggunan produk rambut yang menutupi kulit wajah sehingga menghambat pori-pori.

3 dari 3 halaman

Pipi



- Pipi
Tangan  atau handphone kotor sering menyentuh area ini. Akibatnya, kotoran menumpuk dan menghambat pori-pori atau membuat munculnya kehadiran bakteri di sekitar area itu.

- Sekitar mulut
Makanan yang dimakan jadi penyebab munculnya jerawat pada bagian ini. Residu dari makanan asam seperti lemon dan cuka dapat mengiritasi kulit yang menyebabkan peradangan. Selain itu, sisa makanan berminyak di area mulut, membuat kandungan minyak yang menempel di area mulut menutupi pori-pori mulut.

- Dada dan punggung
Suka heran kenapa bisa muncul jerawat di area ini? Salah memilih bra maupun bahan kaos dapat menghadirkan jerawat di area ini. Bahan pakaian yang tak menyerap keringat menyebabkan lembap sehingga bakteri penyebab jerawat tumbuh subur di dada maupun punggung. Dokter Zeichner menyarankan untuk menggunakan bahan katun dalam berbagai kesempatan terutama saat berolahraga.

Lalu, dimana jerawat yang sering muncul di tubuh Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini